21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Pemprov Jatim Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama 2024

Jakarta, kabargress.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) berhasil meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kesuksesan Pemprov Jatim dalam menata transportasi publik dan fasilitas umum.

Penghargaan berupa Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama tersebut diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono pada Gelaran Hub Space 2024 dalam rangka rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/9/24).

Adhy Karyono menyatakan bahwa penghargaan ini adalah hasil dari pengelolaan transportasi publik yang telah dilakukan dengan baik dalam beberapa tahun terakhir.

“Penghargaan Wahana Tata Negara Wiratama yang kita terima ini merupakan sebuah pencapaian dari pengelolaan tahun tahun sebelumnya. Artinya, pengelolaan transportasi publik di Jatim sudah bagus. Ke depan, Transportasi Publik di Jatim harus dibangun secara masal dengan lebih efektif lagi,” kata Adhy.

Salah satu aspek yang mendukung keberhasilan Pemprov Jatim adalah pencapaian di bidang lalu lintas, angkutan, sarana, dan prasarana. Pengelolaan ini telah melampaui standar yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan, dengan beberapa daerah di Jatim yang sudah terkoordinasi dengan baik dalam hal perencanaan transportasi.

Saat ini, dijelaskan Adhy, Master Plan terus disusun dimulai dari Surabaya Metropolitan yang terintegrasi, terkoneksi dengan moda transportasi berteknologi tinggi seperti MRT dan LRT.

“Kita harus menghadirkan moda transportasi yang berteknologi tinggi seperti MRT sampai LRT,” jelasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi komitmen Pemprov Jatim dalam mewujudkan transportasi publik yang efektif dan berharap penghargaan ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk meningkatkan sistem transportasi massal mereka.

“Terima kasih kepada kepala daerah yang berhasil meraih penghargaan WTN. Semoga melalui penghargaan ini menjadi motivasi bagi daerah lain untuk semakin maju meningkatkan transportasi masalnya,” tutupnya.

Selain itu, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Nyono, mengatakan bahwa perolehan Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama ini melalui proses seleksi yang ketat, mulai dari verifikasi administrasi hingga survei lapangan.

“Allhamdulillah setelah dilakukan verifikasi terdapat 20 kab/kota yang memenuhi kriteria klasifikasi Kota Kecil dan klasifikasi Kota Sedang, Kota Besar dan Kota Raya,” tegasnya.

Tak hanya itu, pada kesempatan ini, Pemprov Jatim juga menerima Piagam Penghargaan sebagai apresiasi telah mengikuti penilaian kinerja penyelenggaraan Sistem Transportasi Perkotaan Tahun 2024. (Ci)