21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Pj Gubernur Adhy Ajak Pererat Kerja Sama Investasi di Jamuan Makan di Atas Kapal Perang India

Surabaya, kabargress.com – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menghadiri jamuan makan malam di atas kapal perang India, INS Shivalik, yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (29/08/24) malam.

Kehadiran Pj Gubernur disambut oleh Kapten Kapal INS Shivalik, Prashanth Monahan, dengan iringan tarian Bhangra khas India. Dalam kesempatan ini, Adhy mengucapkan selamat datang kepada kapten dan awak kapal INS Shivalik. Ia berharap kunjungan mereka akan memberikan manfaat bagi Jawa Timur dan India.

“Selamat datang di Pelabuhan Tanjung Perak. Semoga kunjungan ini membawa manfaat positif bagi kedua belah pihak,” ujar Adhy.

Namun lebih dari itu, jamuan makan malam yang juga dihadiri oleh Duta Besar India untuk Republik Indonesia dan Timor Leste, H.E. Sandeep Chakravorty, Kaskoarmada II Laksma TNI Isswanto dan Seklem AAL Laksma TNI Weningtyas Alindri ini sebagai simbol keakraban hubungan bilateral antara India dan Jatim.

“Ini bukti bahwa hubungan kami dengan India terjalin dengan baik. Satu hari dua acara, siang tadi lunch di Grahadi, dan malam ini kita dinner di Kapal Perang India,” ungkapnya.

Sementara terkait hubungan diplomatik, Adhy menyebut bahwa India banyak berinvestasi di Jatim. Beberapa sektor investasi India di Bumi Majapahit di antaranya pada sektor besi, baja dan kayu.

“Ke depan akan ada kerjasama di bidang pertanian khususnya untuk bibit Jagung,” tegasnya.

Sementara itu, Kapten Prashanth Monahan mengungkapkan apresiasinya atas sambutan hangat dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta dukungan fasilitas yang memungkinkan INS Shivalik bersandar dengan aman di Pelabuhan Tanjung Perak.

“Terima kasih atas sambutan ramah serta dukungan yang diberikan. Kami berharap kunjungan ini memperkuat hubungan kerja sama antara angkatan laut India dan Indonesia,” ujar Kapten Prashanth.

Kunjungan INS Shivalik ini bertujuan untuk melaksanakan beberapa kegiatan yang telah dikoordinasikan oleh TNI Angkatan Laut dan Atase Pertahanan India. (Ci)