21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Pj Gubernur Jatim dan Dubes India Bahas Kerja Sama Bilateral di Berbagai Sektor

Surabaya, kabargress.com – Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menerima kunjungan resmi Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia dan Timor Leste, H.E. Sandeep Chakravorthy dan Konsul Kehormatan India di Surabaya, Mr. Manoj Bhat, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (29/8/24).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral antara India dan Jawa Timur, khususnya dalam bidang pariwisata, industri baja, dan energi.

Dalam pertemuan ini, Pj Gubernur Adhy menekankan pentingnya hubungan historis yang erat antara India dan Jawa Timur, yang dapat mendorong kerja sama di berbagai sektor.

“Kedekatan historis dan kesamaan budaya, seperti agama, kuliner, dan arsitektur, menjadi faktor pendorong kerja sama ini,” ujar Adhy.

Adhy juga melihat potensi besar dalam sektor pariwisata. Jawa Timur, yang memiliki destinasi wisata terkenal seperti Gunung Bromo, Kawah Ijen, dan Kota Batu, menawarkan daya tarik bagi wisatawan India. Terlebih, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Timur terus meningkat, dengan 124.030 kunjungan tercatat dari Januari hingga Mei 2024, naik 62.670 kunjungan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Kami juga membuka peluang bidang pariwisata untuk menarik wisatawan dari India,” ajaknya.

Selain itu, dalam pertemuan ini juga dihadirkan perwakilan pengusaha dari industri baja (steel industry), Mr. Praful dan Mr. Manoj Chate dari industri energi (chemical industry).

Adhy menyebutkan Dubes India menawarkan teknologi energi terbarukan seperti panel surya dan hidrogen sebagai bahan bakar alternatif untuk mendukung target global nol emisi. Namun, ia juga mengakui bahwa Indonesia, khususnya Jawa Timur, masih menghadapi tantangan dalam hal regulasi dan pengetahuan terkait teknologi ini.

Untuk mengatasi kendala ini, Adhy berencana bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Timur untuk membahas lebih lanjut kendala-kendala yang dihadapi para investor India.

Selain itu, Dubes Sandeep juga menawarkan program pelatihan dan pendidikan di India bagi sumber daya manusia (SDM) di Pemerintahan Jawa Timur, terutama dalam bidang teknologi yang sangat maju di India.

“Banyak kesempatan terbuka bagi SDM unggul di Jawa Timur, khususnya di bidang teknologi,” ujarnya.

Dubes India untuk Indonesia dan Timor Leste, H.E Sandeep Chakravorthy menyambut secara terbuka peluang investasi di Jawa Timur. Ia menyebut, memang secara historis India dan Indonesia punya kedekatan khusus. Pun juga dengan Jatim  punya komunitas kecil warga India.

“Mari kita saling membangun komunikasi yang lebih kuat lagi lewat kerjasama bilateral ini. Kami optimis bisa saling bersinergi dan bekerja sama,” tutupnya. (Ci)