21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Tak Ada Lawan, Pasangan Eri-Armuji Jadi Satu-satunya Paslon yang Mendaftar ke KPU Kota Surabaya

Surabaya, KABARGRESS.com – Eri Cahyadi – Armuji menjadi satu-satunya pasangan calon yang mendaftar dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di KPU Kota Surabaya. Hingga hari ke 2 pendaftaran dibuka, Rabu, (28/08/24) belum ada kandidat lain yang turut mendaftar.

Pasangan petahana Eri Cahyadi dan Armuji, yang populer dengan sebutan Erji, menjadi satu-satunya pasangan calon yang diusung 18 partai politik di Surabaya, dengan belum ada tanda-tanda kehadiran calon penantang lain.

Sehingga menguatkan muncul potensi Pilwali Surabaya 2024 dengan kotak kosong seiring mendekatnya batas waktu pendaftaran.

Pendaftaran ini akan berlangsung hingga 29 Agustus 2024 mendatang, hingga hari pertama dan kedua pendaftaran, belum ada indikasi pengajuan pasangan calon alternatif dari perseorangan.KPU Surabaya juga memastikan bahwa Pilwali 2024 ini tidak akan diikuti oleh calon perseorangan, sehingga seluruh kontestasi akan bergantung pada partai politik yang mampu mengusung calon mereka.

“Kami pastikan Pilwali Surabaya kali ini tanpa calon independen, semua paslon akan berasal dari partai politik,” ungkap Soeprayitno, Ketua KPU Surabaya, dalam konferensi pers yang digelar, Selasa (28/8/2024).

Setelah tahap pendaftaran pasangan calon, KPU akan melanjutkan proses tahapan Pilwali dengan pemeriksaan kesehatan para calon. Pemeriksaan kesehatan ini akan berlangsung dari tanggal 27 Agustus hingga 2 September 2024 di RSUD Soewandhi, Surabaya.

Namun demikian, kekhawatiran terkait Pilwali Surabaya yang hanya akan diikuti satu pasangan calon, yakni Eri-Armuji, mulai muncul di tengah masyarakat.

Soeprayitno menekankan bahwa KPU tidak ingin berspekulasi terlalu dini terkait kemungkinan pasangan Erji berhadapan dengan kotak kosong.

“KPU akan terus menunggu proses pendaftaran hingga batas waktu yang telah ditentukan. Kami tidak ingin berandai-andai mengenai hasil akhir pendaftaran,” ujarnya. (ZAK)