21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Festival Industri Hijau Jawa Timur 2024: Mendorong Transformasi Ekonomi Hijau

Surabaya, kabargress.com – Dalam upaya mendorong penerapan industri hijau di Jawa Timur, Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, secara resmi membuka ‘Festival Industri Hijau Jawa Timur 2024’ yang mengusung tema ‘Green Industry: Key Towards East Java’s Green Economy Development.’

Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono menekankan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan di tengah pesatnya perkembangan industri. Menurutnya, industri yang beroperasi saat ini harus memiliki standar yang layak agar dapat disebut sebagai industri hijau.

“Kami bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian untuk melakukan sertifikasi industri hijau. Saat ini, Jawa Timur telah memulai dengan 11 industri yang telah teraktifikasi, dan hari ini ada 15 industri yang sudah standarisasi” ujar Adhy Karyono di Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya, pada kamis (22/8/24).

Adhy juga menambahkan bahwa lebih dari 300 industri besar di Jawa Timur sedang dalam proses menuju standar industri hijau. Hal ini sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Umum Energi Daerah yang mengarahkan penggunaan energi terbarukan.

“Jika industri kita ingin bersaing di pasar ekspor, mereka harus memperhatikan standar industri hijau,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Indstri (BSPJI) Surabaya, Ransi Pasae, menyampaikan bahwa hingga saat ini sekitar 13% dari industri di Indonesia telah tersertifikasi hijau.

“Kami mendukung penuh program dari Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Timur terkait sertifikasi ini. Saat ini, terdapat enam industri lagi yang sedang antre untuk mendapatkan sertifikasi hijau,” ungkap Ransi.

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Adhy Karyono juga memberikan apresiasi kepada sejumlah industri yang telah mengikuti program fasilitasi Sertifikasi Industri Hijau tahun 2024. Apresiasi dalam bentuk piagam penghargaan tersebut diberikan kepada 15 perusahaan, antara lain:

1. PT. Erindo Mandiri
2. PT. Mega Global Food Industry
3. PT. Cheil Jedang Indonesia – Jombang Plant
4. PT. Ajinex Internasional
5. PT. Ajinomoto Indonesia – Mojokerto Factory
6. PT. Steel Pipe Industry of Indonesia, Tbk
7. PT. Atlantic Biruraya
8. PT. Sariguna Primatirta Tbk – Plant Pasuruan
9. PT. Wilmar Nabati Indonesia
10. PT. Lautan Natural Krimerindo
11. PT. Sunrise Steel
12. PT. Kertopaten Kencana
13. PT. Perusahaan Cat, Pernis Dan Kaleng Mataram
14. PT. Platinum Ceramics Industry
15. PT. Asahimas Flat Glass, Tbk

(Ci)