21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Jawa Timur Optimistis Raih Prestasi di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Surabaya, kabargress.com – Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, optimistis kontingen Jawa Timur akan meraih hasil membanggakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara pada 8-20 September 2024.

Optimistis itu Adhy sampaikan dalam audiensi bersama Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim, Muhammad Nabil, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim, Moh. Ali Kuncoro, di Gedung Negara Grahadi, Rabu (21/8/24).

Adhy menekankan bahwa persiapan para atlet Jawa Timur sudah matang, mencakup aspek fisik, mental, hingga psikologis. Ia menjelaskan bahwa perhatian besar diberikan pada kondisi fisik atlet melalui suplemen dan multivitamin, serta pelatihan mental yang kuat untuk menghadapi kompetisi.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan prestasi terutama dalam hal keterlibatan dari Kepala Perangkat Daerah agar melakukan pendampingan dan memberikan dukungan tidak hanya di Hari H saja, tapi ikut memberikan support langsung pada saat jadwal latihan atlet,” ujar Adhy.

Pemetaan kontingen Jawa Timur yang berjumlah 884 atlet telah terbagi dalam dua lokasi. Sebanyak 393 atlet akan berlaga di Aceh, sedangkan 491 atlet akan bertanding di Sumatera Utara. Adhy menegaskan bahwa pemilihan atlet dilakukan secara selektif, hanya melibatkan mereka yang memiliki potensi besar dalam meraih medali, terutama dari cabang olahraga yang menjadi andalan Jawa Timur.

“Saat ini kami utamakan atlet yang berprestasi dan masuk Pra PON maupun yang berpotensi mendapat medali. Jika atlet diikutkan semua tentu tidak efektif,” tuturnya.

Dalam PON XXI kali ini, Jawa Timur akan bertanding di 63 dari 67 cabang olahraga yang dipertandingkan, dengan 31 cabang di Aceh dan 32 cabang di Sumatera Utara.

Ketua Umum KONI Jatim, Muhammad Nabil, menambahkan bahwa Jawa Timur memiliki beberapa cabang olahraga unggulan seperti triathlon, petanque, menembak, serta cabang yang sudah lama menjadi andalan seperti panahan, renang, selam, wushu, gulat, dan paralayang. Nabil juga mengakui bahwa persaingan dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat akan menjadi tantangan utama.

“Kalau daerah lain yang akan muncul yaitu Bali yang ranking 4 mengalahkan Jateng. Tuan rumah Aceh dan Sumut juga akan bersikeras dan berupaya memberikan kemenangan,” pungkasnya. (Ci)