21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Pj Gubernur Jatim Resmikan MPP Trenggalek, Targetkan 38 MPP di 2024

Trenggalek, kabargress.com – Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Trenggalek, pada Selasa (20/8/24). Peresmian ini menambah jumlah MPP di Jawa Timur menjadi 31 dari sebelumnya 30.

Adhy menargetkan agar semua kabupaten/kota di Jawa Timur memiliki MPP pada akhir 2024. Saat ini, masih ada tujuh kabupaten/kota yang dalam proses pembangunan MPP, yakni Kabupaten Blitar, Bondowoso, Kediri, Ponorogo, Situbondo, Kota Blitar, dan Kota Madiun.

“Tujuh kabupaten/kota ini dalam proses pembangunan MPP,” terang Adhy.

Adhy mengapresiasi komitmen Pemkab Trenggalek dalam meningkatkan pelayanan publik melalui MPP. Ia juga menyoroti inovasi Jatim Online Single Submission (JOSS) yang telah melayani 23.396 permohonan perizinan dari Januari hingga Agustus 2024.

“Terimakasih dan apresiasi kepada Bupati Trenggalek di akhir jabatan telah melaksanakan surat edaran dari kami dengan membangun Mal Pelayanan Publik, sehingga masyarakat dipermudah dengan pelayanan yang terintegrasi,” kata Adhy.

Sementara itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menegaskan pentingnya percepatan pembangunan MPP di seluruh Indonesia, meski bangunannya tidak perlu megah asalkan fungsional. Anas juga mengakui Jawa Timur sebagai role model inovasi pelayanan publik.

“Jatim punya inovasi yang luar biasa. Spirit Majapahit harus selalu dibangkitkan agar kita terhomat bahkan di tempat lain,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menambahkan bahwa MPP Trenggalek menyediakan lebih dari 80 jenis layanan, termasuk layanan dari instansi vertikal dan mitra pemerintah.

“Seperti misalnya layanan BPJS Ketenagakerjaan, Kesehatan, Imigrasi, perbankan hingga dari TNI-Polri juga ada,” pungkasnya. (Ci)