21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Pemprov Jatim Buka Seleksi 2.314 Formasi CPNS Terbesar 2024

Surabaya, kabargress.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur resmi membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 dengan total 2.314 formasi, terdiri dari 1.800 formasi tenaga teknis dan 514 formasi tenaga kesehatan.

Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, mengungkapkan bahwa jumlah ini merupakan yang terbesar dalam sejarah perekrutan di lingkungan Pemprov Jatim.

“Tahun ini kami kembali mengadakan seleksi CPNS dengan total 2.314 formasi untuk tenaga teknis dan kesehatan. Ini adalah rekor terbesar sepanjang sejarah Jawa Timur,” ungkap Adhy dalam konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (19/8/24).

Adhy menjelaskan, formasi tersebut mencakup kategori umum dan khusus, termasuk 10 formasi untuk penyandang disabilitas dan 50 formasi bagi lulusan terbaik (cumlaude). Dia berharap, seleksi CPNS kali ini mampu memberikan kesempatan luas bagi seluruh masyarakat, baik fresh graduate maupun non-fresh graduate, untuk bergabung dengan Pemprov Jawa Timur.

“Pemprov Jatim berkomitmen menciptakan inklusivitas dalam dunia kerja dan mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) yang berprestasi untuk bergabung dalam jajaran ASN di lingkungan Pemprov Jawa Timur,” katanya.

Adhy juga mengingatkan para calon pelamar untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memperhatikan persyaratan, seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 untuk lulusan sarjana serta kepemilikan sertifikat TOEFL sebagai syarat dasar.

“Persyaratan ini dimaksudkan untuk menjaring calon ASN yang tidak hanya kompeten, tetapi juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik untuk mendukung tugas dan fungsi mereka di Pemprov Jatim,” jelasnya.

Adhy menegaskan bahwa seluruh tahapan seleksi CPNS 2024 di Pemprov Jatim tidak akan dikenakan biaya apapun. Sistem seleksi sudah sepenuhnya online dan transparan, dan Adhy mengimbau agar para pelamar waspada terhadap praktik percaloan.

“Semua tahapan seleksi gratis. Jangan percaya pada pihak-pihak yang menawarkan jasa dengan imbalan uang atau lainnya,” tegas Adhy.

Sebagai tambahan, Panitia Penerimaan CPNS di Pemprov Jatim tahun 2024 menyediakan helpdesk yang dapat diakses melalui aplikasi Rumah ASN di tautan https://siasn.bkd.jatimprov.go.id/helpdesk.

Tahapan seleksi CPNS 2024 meliputi pengumuman seleksi dari 19 Agustus hingga 2 September 2024, pendaftaran calon peserta dari 20 Agustus hingga 6 September 2024, dan pengumuman hasil seleksi CPNS pada Januari 2025.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui situs web resmi Pemprov Jatim atau https://sscasn.bkn.go.id/. (Ci)