21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Pj. Gubernur Adhy Gaungkan Semangat ‘Jawa Timur Gerbang Nusantara Baru’ pada HUT ke-79 RI

Surabaya, kabargress.com – Dalam rangka memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia, Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk menggemakan semangat optimisme melalui slogan ‘Jawa Timur Gerbang Nusantara Baru.’ Slogan ini dirancang sebagai respons terhadap tema nasional HUT RI, ‘Nusantara Baru Indonesia Maju,’ serta difungsionalkannya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Menurut Adhy, slogan ‘Jawa Timur Gerbang Nusantara Baru’ bukan sekadar kata-kata. Ia menegaskan bahwa selama ini Jawa Timur telah berperan penting dalam membantu roda perekonomian di 20 provinsi di Indonesia Timur melalui 21 tol laut yang beroperasi dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Semangat Jatim Gerbang Nusantara Baru menunjukkan nafas optimisme baru akan hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN). Kita optimis bahwa keberadaan IKN akan semakin menyatukan tekad dalam menyusun berbagai rencana pembangunan ke depan,” tegas Adhy.

Lebih lanjut, Adhy menjelaskan bahwa semangat ‘Gerbang Nusantara’ sudah dibuktikan oleh Provinsi Jawa Timur melalui berbagai capaian pembangunan, termasuk keberhasilan menjaga pertumbuhan ekonomi sebesar 4,98 persen. Selain itu, Jawa Timur juga berhasil mengendalikan inflasi di sekitar 2,5 persen dan menurunkannya menjadi 2,4 persen, yang pada akhirnya memperkuat daya beli masyarakat.

Jawa Timur juga telah berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrem sebesar 0,58 persen dan menciptakan peluang investasi yang menarik bagi para investor.

“Itu merupakan bagian dari kemerdekaan. Mohon doa restunya supaya Jawa Timur terus maju,” tambahnya

Acara peringatan HUT ke-79 RI ini ditutup dengan Pj. Gubernur Adhy beserta seluruh pejabat dan tamu undangan yang menyaksikan secara streaming upacara bendera dari Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. (Ci)