21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Pj Gubernur Adhy Karyono Lepas Tim ‘Ekspedisi 79’ ke Gunung Arjuno, Dorong Kesadaran Pelestarian Alam

Surabaya, kabargress.com – Menjelang HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono melepas 150 tim pendaki “Ekspedisi 79” di Halaman Kantor Setda Provinsi Jatim pada Kamis pagi (15/8/24). Tim ini akan mengibarkan bendera merah putih di Puncak Gunung Arjuno dengan ketinggian 3339 MDPL pada 17 Agustus 2024.

Ekspedisi ini melibatkan ASN Dinas Kehutanan (Dishut), Tim Instansi/Lembaga, Relawan Tahura, Pramuka, Media, Pecinta Alam, dan Pendaki Perempuan. Mereka membawa 79 bibit Pohon Cemara Gunung untuk ditanam, sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan.

Pj Gubernur Jatim – Adhy mengatakan,  momentum kemerdekaan ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi alam dan mendorong generasi muda untuk melindungi lingkungan. Ia juga mengatakan pentingnya upaya pelestarian yang telah dilakukan Pemprov Jatim, termasuk penanaman 3,36 juta bibit pohon di kawasan darat dan mangrove.

“Tidak sekadar semangat juang kemerdekaan, melainkan juga turut membangun semangat juang pemulihan kawasan melalui pemulihan ekosistem. Sehingga di tahun 2024 atau sampai dengan hari ini tercatat dukungan penyediaan bibit dan penanaman sebanyak 3,36 juta batang bibit wilayah darat maupun kawasan mangrove,” kata Adhy.

Adhy Karyono berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dalam pengamanan dan perlindungan kawasan konservasi alam dan lingkungan, khususnya di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo.

“Kami menantikan kabar baik dari tim Ekspedisi 79 Gunung Arjuno, semoga seluruh partisipan diberi kemudahan, kelancaran, dan kesehatan selama pendakian dan tiba dengan selamat,” pungkas Adhy. (Ci)