01/07/2024

Jadikan yang Terdepan

Jaga Keberlangsungan Sumber Daya Air, PLN Nusantara Power Tanam 80 Ribu Pohon di DAS Brantas

Surabaya, kabargress.com – PLN Nusantara Power (PLN NP)  berencana menanam 80.000 bibit pohon di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Brantas di tahun 2024. Kegiatan konservasi vegetatif ini ditujukan untuk mendukung  kelestarian sumber daya air di sungai yang menjadi pemasok utama energi air bagi PLTA PLN NP di Jawa Timur.

DAS Bratas merupakan penyangga  kebutuhan air bagi  PLTA Sengguruh, PLTA Sutami, PLTA Wlingi, PLTA Lodoyo dan PLTA Tulungagung. Dari 80.000 bibit yang akan ditanam di wilayah tersebut 10.000 bibit akan difokuskan untuk wilayah Bendungan Sengguruh dan Sutami.

Penanaman 10.000 bibit pohon yang akan disebar pada daerah hulu Sungai Brantas tersebut merupakan bagian dari Program Jasa Pengelolaan Sumber Daya Air (PJPSDA) kerja sama antara PLN NP Unit Pembangkitan (UP)  Brantas dengan Perum Jasa Tirta I (PJT I). Melalui program ini akan ditanam 10.000 bibit gaharu & cendana dengan rincian 5.000 batang ditanam di Desa Tlekung dan 5.000 di Desa Dampit.

Sebagai langkah awal, pada  Rabu (12/6) lalu telah dilakukan ceremonial penanaman 20 bibit pohon gaharu di Arboretum Sumber Brantas, Kota Batu, Jawa Timur. Kegiatan ini juga dijadikan sebagai momen untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024.

Aksi penanaman bibit gaharu dihadiri oleh Kamsiya Windianita selaku Kepala Sub Divisi Jasa ASA I/I dan Senior Manager UP Brantas, Arfan. Kegiatan ini juga melibatkan karyawan UP Brantas yang merupakan relawan dari Nusantara Volunteering Program PLN NP.

Kolaborasi antara PLN NP UP Brantas dengan PJT I menjadi upaya bersama untuk menjaga ekosistem air dan tanah guna mendukung kelestarian sumber daya air.

“Dalam menjaga keberlangsungan sumber daya air salah satunya dengan konservasi. Hal ini  untuk menambah aliran air dari hujan menuju tanah sehingga flow air di sungai selama musim kemarau masih terjaga. Konservasi tidak bisa dilaksanakan sendiri, maka dari itu kami berkolaborasi dengan PLN NP”, kata Windianita.

Direktur Utama PLN NP Ruly Firmansyah menyambut baik kerja sama dengan PJT I sebagai bagian dari komitmen Perusahaan dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan.

“Kegiatan ini  diharapkan dapat  meningkatkan kontribusi bagi kelestarian sumber daya air  yang manfaatnya signifikan, baik untuk pertanian maupun kebutuhan air baku lainnya. Bagi PLN NP, kegiatan ini mendukung peningkatan produksi air untuk keberlangsungan PLTA sebagai pemasok kebutuhan listrik bagi masyarakat,” tutur Ruly.

PLN NP melalui UP Brantas mengelola 13 unit PLTA yang tersebar di berbagai wilayah di Jawa Timur. Penanaman pohon merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan di sekitar wilayah PLTA. Kegiatan ini menjadi bagian dari program konservasi vegetatif selain pengerukan sedimen dan program pemeliharaan bendungan. (Ro)

Teks foto:

Karyawan UP Brantas yang tergabung dalam Nusantara Volunteering Program melakukan penanaman bibit gaharu di Arboretum Sumber Brantas, Kota Batu, Jawa Timur pada Rabu (12/6).

Senior Manager PLN Nusantara Power UP Brantas bersama Kamsiya Windianita selaku Kepala Sub Divisi Jasa ASA I/I  menuju sumber air Brantas seusai penanam bibit gaharu di Arboretum Sumber Brantas pada Rabu (12/6) yang merupakan langkah awal dari penanaman 10.000 bibit gaharu dan Cendana di hulu Sungai Brantas.

Kamsiya Windianita selaku Kepala Sub Divisi Jasa ASA I/I bersama  Senior Manager UP Brantas, Arfan melakukan penanaman bibit gaharu di Arboretum Sumber Brantas pada Rabu (12/6) dalam momen peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia sekaligus mengawali kerja Sam penanaman 10.000 bibit gaharu dan cendana di hulu sungai Brantas.