04/07/2024

Jadikan yang Terdepan

SALAKSUS MAKAN BERGIZI GRATIS SIAP CETAK SAWAH DI SIDOARJO

KabarGress.com – SATUAN Pelaksana Khusus Makan Bergizi Gratis (SALAKSUS MAGIS) Kabupaten Sidoarjo fokus cetak sawah di Sidoarjo untuk memenuhi kebutuhan makan bergizi gratis guna mendukung kedaulatan pangan,” ujar Ketua Salaksus Magis kabupaten Sidoarjo Imam Safi’i yang akrab disapa Cak Imam.

Menurutnya , Salaksus Magis Sidoarjo akan memaksimalkan kerja sama permodalan dan pendampingan kepada para petani di Sidoarjo. Saat ini potensi lahan sawah di Sidoarjo sebesar 31.000 hektar tersebar di beberapa kecamatan Balongbendo, Tarik, Krian, Krembung, Prambon, Sukodono, Wonoayu, Tulangan, Candi, Tanggulangin dan Porong.

Program ketahanan pangan di Indonesia semakin kuat berkat dukungan dari berbagai pihak. Salah satu inisiatif yang menonjol adalah Satuan Pelaksana Khusus Makan Bergizi Gratis (SALAKSUS MAGIS), yang berfokus pada mencetak sawah di Jawa Timur untuk mendukung kedaulatan pangan.

Ketua Umum SALAKSUS MAGIS Jawa Timur, Jerry Lumelle, mengungkapkan sudah ada 25 kabupaten di Jatim yang mendeklarasikan komitmen untuk mencetak sawah dan memberikan dukungan makan bergizi gratis. Total lahan pertanian yang bermitra dengan SALAKSUS MAGIS di Jatim mencapai 267.000 hektar.

“Alhamdulillah sudah ada 25 kabupaten di Jatim yang memberikan dukungan dengan total luas lahan 267.000 hektar,” tegas Jerry Lumelle kepada kabar gress

Beberapa wilayah yang telah menyiapkan lahan untuk program ini antara lain:

Bojonegoro, Tuban,
Lamongan, Ngawi, Nganjuk, Madiun, Malang, Mojokerto, Gresik, Jombang, Sidoarjo, Lumajang, Probolinggo, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Tulungagung, Trenggalek, Kediri.

Sementara Pembiayaan program dilakukan oleh PT. Kali Dana Sejahtera sebagai pemberi modal supaya petani bisa tanam padi (mulai dari pekerjaan lahan bibit, pupuk, obat sampai biaya panen).

“Dalam waktu dekat ini Pak Budiman Sudjatmiko ( Dewan pakar TKN ) selaku pimpinan program Makan Bergizi Gratis akan datang bersilaturahmi bertemu langsung dengan petani se-Jawa Timur dan meninjau sawah yang dikerjasamakan,” urainya.

Sementara itu Ketua Harian SALAKSUS MAGIS Jatim, Agus Sudarsono, mengungkapkan harapannya.

“Kami berharap bahwa persiapan lahan ini akan berkontribusi pada terciptanya swasembada pangan dan kedaulatan pangan nasional & persiapan untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok untuk MAGIS ( makan bergizi gratis ) program presiden terpilih tuturnya. (*)