04/07/2024

Jadikan yang Terdepan

Kembangkan Inovasi Sosial Berkelanjutan Denting Nusantara, Nusantara Power Panen Pujian dari Kementerian ESDM

Jakarta, kabargress.com – Keberhasilan PLN Nusantara Power (PLN NP) mengembangkan TJSL berbasis inovasi sosial untuk mengatasi masalah kesehatan sekaligus meningkatkan perekonomian warga Muara Angke mendapatkan apresiasi dari Kementerian ESDM. Dalam kunjungan monitoring program TJSL Badan Usaha Subsektor Ketenagalistrikan, pada Jumat (1/6) lalu program CSR UP Muara Karang tersebut dinilai inspiratif dan dapat dijadikan percontohan bagi Unit lainnya.

Kunjungan monitoring Kementerian ESDM dilaksanakan guna memastikan kehadiran Perusahaan tidak hanya berfokus pada lini usaha utama, namun juga memberikan manfaat bagi  masyarakat sekitar melalui tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

Sekretaris Direktorat Jendral Ketenagalistrikan Kementerian ESDM,  Ida Nuryanti Finahari mengapresiasi program TJSL PLN NP Unit Pembangkitan (UP) Muara Karang  yang telah memiliki dampak langsung kepada masyarakat. Ia terkesan dengan program Denting Nusantara sebagai program yang slaras dengan upaya Pemerintah dalam pengentasan stunting.

“Program-program CSR UP Muara Karang  benar-benar menyentuh masyarakat bawah. Program Denting Nusantara, bukan hanya berhasil mengatasi masalah stunting pada anak-anak, tapi juga memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat melalui produksi tepung dari limbah ikan. Semakin banyak orkestrasi-orkestrasi seperti ini yang dilakukan di semua sektor dampaknya juga akan sangat luas,” tutur Ida.

Denting Nusantara merupakan program CSR PLN Peduli by PLN NP UP Muara Karang untuk mengatasi permasalahan stunting yang melanda wilayah Muara Angke, Jakarta Utara. Bukan sekedar mengatasi stunting semata, program ini diintegrasikan dengan program CSR lainnya sehingga menjadi inovasi sosial untuk menjawab permasalahan sosial lainnya di wilayah tersebut.

Pada Denting Nusantara sendiri, terdapat inovasi pembuatan tepung  berkalsium tinggi yang memanfaatkan limbah tulang ikan kakap. Produksi tepung kalsium ini mendatangkan penghasilan baru bagi masyarakat disamping juga menjadi salah satu bahan untuk menambah gizi guna menanggulangi stunting.

Direktur Utama PLN NP Ruly Firmansyah mengungkapkan inovasi sosial yang dilakukan oleh UP Muara Karang merupakan  bagian dari komitmen Perusahaan untuk selalu  dapat menghadirkan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“PLN NP berupaya memberikan kontribusi nyata bagi  masyarakat sekitar. Bukan hanya  melalui penyediaan listrik yang andal dan  ramah lingkungan semata. Kami juga   berupaya untuk meningkatkan  kesejahtaraan masyarakat sekitar melalui berbagai  program pemberdayaan guna mengatasi permasalahan yang ada,” tegas Ruly.

Selain Denting Nusantara, PLN NP UP Muara Karang saat ini juga memiliki program-program TJSL lainnya, seperti Mangrove Hijau Asri, Kelompok Rumah Jahit, Bank Sampah Bahari Utama, dan Kampung Si Dul. Semua program tersebut menjadi inovasi sosial berkelanjutan untuk memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat sekitar. (Ro)

Teks foto: Sekretaris Direktorat Jendral Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Ida Nuryanti Finahari (kedua dari kanan) mendapatkan penjelasan terkait program TJSL PLN NP Up Muara Karang dari  Sarika Apriyeni Gopar selaku Assistant Manager Umum & CSR PLN NP UP Muara Karang.