28/06/2024

Jadikan yang Terdepan

Kontinyu Ciptakan Nilai Ekonomi dan Sosial Berkelanjutan, PLN Nusantara Power Raih 19 Penghargaan TOP CSR

Jakarta, Kabargress.com – PLN Nusantara Power (PLN NP) kembali mengharumkan namanya di bidang Corporate Social Responsibility (CSR). Kali ini, PLN NP meraih 19 penghargaan bergengsi TOP CSR yang dianugerahkan pada Rabu (29/5). TOP CSR menjadi salah satu ajang pembuktian kontribusi PLN NP dalam bidang pemberdayaan sosial dan masyarakat, selain lini bisnis utamanya : menghadirkan listrik berkualitas untuk Indonesia.

PLN Nusantara Power berhasil meraih empat buah penghargaan kategori bintang lima yang disabet oleh Unit Pembangkitan (UP) Indramayu, UP Muara Karang, dan UP Rembang dan UP Muara Tawar. Adapaun kategori bintang 4 diraih oleh 4 UP yang terdiri dari UPDK Bandar Lampung, UP Pacitan, UP Cirata, dan juga anak perusahaan PLN NP, yaitu PLN Nusantara Power Construction. Selain itu, kategori bintang 3 diraih oleh UP Gorontalo, UP Tanjung Awar-awar, serta UPK Punagaya. Adapun PLN Nusantara Power juga meraih 8 penghargaan Top Leader bagi pemimpin unit yang program CSR nya mendapatkan penghargaan Bintang 5 dan Bintang 4.

Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmansyah menyampaikan komitmen dan tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat di sekitar unit pembangkit PLN NP.

“Sesuai dengan komitmen PLN NP untuk bertumbuh dan berkembang bersama sosial dan masyarakat, PLN NP akan terus melibatkan, membina, dan memberikan dampak serta nilai positif bagi masyarakat di seluruh wilayah kerja kami, utamanya dalam mendukung program transformasi PLN Green demi mewujudkan Indonesia yang lebih hijau”. terang Ruly.

4 Penghargaan Bintang 5 TOP CSR Award yang diraih PLN NP menunjukan bahwa CSR perusahaan dan unit tersebut berada di level luar biasa, sedangkan 4 penghargaan Bintang 4 TOP CSR menunjukan CSR perusahaan berada di level sangat baik dimana CSR perusahaan PLN NP  memiliki keterkaitkan dan keselarasan CSR dengan strategi pertumbuhan bisnis perusahaan, dengan Inisiatif CSR yang mengadopsi CSV (Creating Shared Value), dan ISO 26000 SR. Sebagian besar program csr PLN NP juga ditujukan untuk mendukung strategi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Sedangkan 3 penghargaan bintang 3 menjelaskan bahwa CSR perusahaan berada dalam kondisi ideal.

Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024, M. Lutfi Handayani, MM., MBA mengatakan bahwa tema yang diangkat untuk tahun 2024 ini adalah ‘CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth’, atau ‘Inovasi-Inovasi Program CSR dan ESG yang dapat mendukung tumbuhnya bisnis perusahaan secara berkelanjutan’.

“TOP CSR Awards pun bukan sekadar kegiatan penilaian dan pemberian perhargaan, namun mengandung banyak proses pembelajaran bersama, untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas CSR perusahaan”, terang Lutfi.

Di Indonesia sendiri, konsep CSV tersebut diterapkan sebagai keunggulan kompetitif dengan cara memasukkan masalah sosial sebagai bahan dalam merancang strategi perusahaan. Sebab melalui CSV perusahaan memainkan peran ganda untuk menciptakan nilai sosial dan ekonomi secara bersama-sama, untuk memberikan solusi terhadap persoalan sosial, lingkungan dan perusahaan.

TOP CSR Award merupakan sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan yang telah berhasil menjalankan program “creating shared value” berdasarkan tiga aspek pengukuran, yaitu Concept Aspect, Impact Aspect, dan Branding Aspect. Penghargaan ini dimaksudkan untuk meningkatkan citra, reputasi dan kepercayaan terhadap brand atau perusahaan di mata publik. (Ro)

Teks foto:
Karyawan PLN Nusantara Power (tengah) berdiskusi pada saat pelaksanaan program Corporate Social Responsibility PLN Peduli by PLN Nusantara Power Lentera Kisik yang sudah dimulai sejak tahun 2020.