20/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Surabaya Jadi Tuan Rumah Kirab Pemilu 2024, Keliling Hingga ke 31 Kecamatan

Surabaya, Kabargress.com – kota Surabaya akan menjadi tuan rumah Kirab Pemilu 2024. Acara tersebut akan diadakan mulai tanggal 9 hingga 14 Mei di kantor KPU kota Surabaya, Senin (08/05/23).

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, Subairi mengatakan, nantinya kirab akan dilaksanakan di sebelah timur kantor KPU kota Surabaya.

Akan ada serah terima bendera dari Provinsi Kalimantan Timur ke Provinsi Jawa Timur. Bendera tersebut terdiri dari satu Bendera Merah Putih, 2 bendera Pataka KPU RI dan 18 bendera partai politik.

“Nah nanti akan ada serah terima dari Provinsi Kalimantan timur ke Provinsi Jawa Timur yang tempatnya di sebelah timur kantor KPU Kota Surabaya. Di situ kita akan menerima kirab. yang akan dikirab itu ada 1 bendera merah putih 2 bendera pataka KPU RI dan 18 bendera partai politik,” sebutnya.

Subairi menjelaskan, kirab akan dilaksanakan sejak tanggal 9 hingga 14 Mei 2023, keliling hingga 31 Kecamatan di kota Surabaya yang dibentuk dalam 5 zona.

“kirab ini dalam rangka sosialisasi dan pendidikan pemilih kita,  mulai dilaksanakan dari tanggal 9 sampai tanggal 14, akan keliling di 31 Kecamatan dan kami bentuk dalam 5 zona,” terang Subairi.

Selanjutnya di tanggal 15 akan geser ke Kota Probolinggo untuk kemudian akan dilakukan prosesi kirab juga sampai di titik akhirnya berada di kantor KPU RI di Jakarta. “Nanti langsung lanjut ke Probolinggo juga untuk kirab. Titik akhirnya ada di Jakarta,” jelasnya.

Ditiap zona akan ada beberapa sosialisasi. Salah satunya, sosialisasi di segmen nelayan melalui gerak perahu di kecamatan bulak. Lalu keliling di eks lokalisasi Dolly, serta beberapa sasaran pemilih pemula di SMA dan di kaum intelektual di universitas.

“Kita akan keliling di zona yang telah ditentukan. Ada dari kaum nelayan, di eks lokalisasi Dolly, lalu ada dari anak-anak SMA serta para mahasiswa,” ungkap nya.

“itu tentunya semua kami lakukan dalam rangka untuk peningkatan partisipasi masyarakat dan menggugah masyarakat bahwa pemilu 2024 kita sukseskan dan menjadi tanggung jawab kita bersama,” pungkas Subairi. (ZAK)