28/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Tips Merekam Keindahan Malam Takbiran dengan Galaxy A54 5G

Jakarta, kabargress.com – Setelah berpuasa selama sebulan, ada tradisi yang dilakukan sebelum Idul Fitri, yaitu takbiran. Sebagai negara dengan kekayaan budaya yang besar, ada berbagai tradisi takbiran yang dilakukan masyarakat di berbagai daerah. Seperti grebeg syawal di Yogyakarta atau melakukan pawai obor yang umum dilakukan di banyak daerah.

Sebagai bentuk ekspresi kemenangan setelah menahan hawa nafsu selama sebulan penuh, momen takbiran tentu jangan dilewatkan. Bahkan, kalau perlu diabadikan sebagai kenang-kenangan. Dan untuk melakukan itu, kamu bisa menggunakan ponsel dengan sistem kamera yang bagus, terutama yang memiliki kemampuan memotret dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Samsung Galaxy A54 5G bisa dijadikan andalan untuk memotret momen malam takbiran. Dengan kemampuan nightography-nya, momen takbiran kamu akan jadi konten yang lebih awesome dari yang lainnya.

“Untuk merekam keindahan malam takbiran, Galaxy A54 5G sudah dibekali kemampuan nightography yang awesome. Sensor kamera utamanya sudah dilengkapi Optical Image Stabilization dengan angle 56 persen lebih lebar, sehingga dapat merekam foto yang lebih jernih dan stabil meski diambil dalam kondisi guncangan. Dibantu oleh All-Pixel AF di setiap pikselnya, foto-fotomu pun akan terlihat tajam. Gunakan Night Mode atau Pro Mode, untuk kemudahan memotret pada low light atau malam hari. Momen-momen takbiran yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim sebelum merayakan Idul Fitri akan abadi dalam konten-kontenmu yang awesome,” kata Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Berikut tips merekam momen-momen takbiran menggunakan Galaxy A54 5G untuk hasil yang awesome:

1 Pastikan smartphone kamu memiliki OIS yang mumpuni

Memotret pada kondisi pencahayaan minimal atau malam hari bisa menjadi konten awesome jika hasil fotonya tanpa blur atau shaking. Umumnya, kamu harus menggunakan tripod saat berburu foto takbiran. Dengan Galaxy A54 5G yang sudah dilengkapi dengan Optical Image Stablizer (OIS) kamu hanya perlu meletakkan ponsel di suatu permukaan datar. Lalu, dengan kamera smartphone yang sudah dilengkapi OIS yang lebih leluasa dan mumpuni, kamu tidak perlu bersusah payah tahan nafas sejenak untuk mengurangi guncangan.

Selain OIS, Video Digital Image Stabilization (VDIS) juga fitur penting yang akan membantu kamu memotret dan merekam video yang lebih tajam. Dengan fitur Image Stabilization, kamera akan menggerakkan sensor apabila terjadi guncangan, sehingga foto jadi lebih tajam. Fitur OIS pada Galaxy A54 5G sudah didesain dengan angle yang 1,6x lebih lebar sehingga semakin luas pula area foto yang bebas dari blur dan shaking.

2 Atur Asupan Cahaya

Untuk mengatur asupan cahaya saat ingin merekam momen takbiran, kamu perlu melakukan pengaturan manual (pilih MORE, lalu pilih PRO atau PRO VIDEO) pada Galaxy A54 5G. Atur shutter speed-nya sesuai kebutuhan. Semakin lambat shutter speed, semakin banyak cahaya yang diterima oleh lensa.

Selanjutnya adalah pengaturan aperture alias bukaan lensa. Semakin besar bukaannya, semakin banyak cahaya yang masuk. Kamera utama 50MP pada Galaxy A54 5G sudah dibekali bukaan aperture yang besar, yaitu hingga F1.8, sehingga dapat menangkap lebih banyak cahaya. Berikutnya, aturlah ISO ke level yang lebih tinggi (ISO 400 atau lebih) untuk meningkatkan sensitivitas lensa terhadap cahaya.

Untuk ketajaman foto yang lebih maksimal, Samsung Galaxy A54 5G sudah menggunakan teknologi sensor All Pixel AF terbaru, untuk kemampuan menangkap lebih banyak cahaya. Sensor ini dirancang untuk merekam foto yang lebih tajam pada kondisi pencahayaan apapun, dengan menempatkan autofocus pixel pada semua pikselnya.

3 Gunakan Fitur Night Mode

Kamu juga bisa menggunakan fitur Night Mode untuk meningkatkan hasil foto menjadi lebih terang. Night Mode menggunakan multi-frame processing untuk mengombinasikan 30 gambar ke dalam satu foto yang jernih. Cahaya ekstra yang ditangkap oleh sensor kamera ponsel akan membantu fotomu tampak lebih terang.

Menariknya, dengan Galaxy A54 5G bahkan kamu tak perlu repot-repot mengatur night mode ini. Ponsel ini punya fitur khusus bernama Auto Night yang mampu mengenali besaran pencahayaan di sekitar objek. Lalu, secara otomatis kamera akan beralih night mode.

4 Bereksperimen untuk Foto Lebih Estetik

Selanjutnya adalah melakukan beberapa eksperimen untuk menghasilkan foto-foto yang lebih estetik, melalui fitur kamera yang ada pada Galaxy A54 5G. Misalnya memberikan perfective effect dengan foto dari low angle atau high angle.

Kamera Samsung Galaxy A54 5G juga dilengkapi kamera Ultra-wide, sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan foto dengan lebih banyak relasi saat takbiran yang terekam dalam satu frame untuk memberi kesan ramai atau semarak.

Manfaatkan selfie camera 32MP pada Galaxy A54 5G untuk merekam foto selfie atau group selfie dan vlog saat kamu takbiran bersama teman-temanmu. Ponsel ini bahkan sudah dilengkapi dengan fitur Auto Framing yang secara otomatis menyesuaikan sudut pandang ketika memotret lebih dari 2 orang, sehingga semua kerabat kamu masuk dalam satu frame dengan angle yang terbaik.

5 Olah Fotomu untuk Hasil Lebih Awesome

Setelah selesai hunting, saatnya untuk mengolah foto-foto untuk mendapatkan hasil yang lebih awesome. Tanpa perlu buka laptop, kamu bisa manfaatkan fitur-fitur AI Image Enhancer yang ada di Galaxy A54 5G, seperti Photo Remaster dan Object Eraser, untuk meningkatkan kualitas kejernihan dan ketajaman foto-fotomu.

Fitur Photo Remaster akan mengurangi blur dan noise yang ada pada foto dan meningkatkan resolusi foto, sehingga foto akan terlihat lebih tajam dan hidup. Untuk menggunakan fitur Photo Remaster, kamu dapat membuka Gallery foto, pilih foto yang akan di-Remaster. Tap tanda titik tiga di pojok kanan bawah. Pilih Remaster picture dan Save. Selanjutnya, fitur Object Eraser kamu gunakan untuk menghilangkan bayangan dan pantulan yang tidak diinginkan dari fotomu.

Itulah 4 tips mudah untuk menghasilkan foto malam takbiran yang lebih awesome. Kamu bisa menikmati semua keindahan foto saat malam takbiran dalam resolusi terbaiknya di layar 6,4 inci Super AMOLED beresolusi FHD+ dari Galaxy A54 5G yang menawan. Scrolling-scrolling hasil fotomu di layar ini juga akan terasa mulus berkat refresh rate 120Hz.

Jangan khawatirkan pula performa dan ketangguhannya saat kamu hunting foto takbiran. Dengan prosesor Octa Core, baterai besar 5.000mAh yang tahan sampai dua hari lebih, dan memori RAM 8GB dengan RAM Plus 8GB, performanya benar-benar bisa diandalkan. Ponsel ini bahkan sudah tersertifikasi IP67 sehingga sudah kedap air dan debu, apapun kondisi cuacanya saat takbiran tak ada yang bisa menghalangimu untuk mengabadikannya.

Galaxy A54 5G memiliki penyimpanan internal yang besar yaitu 256GB, sehingga kamu bisa menyimpan lebih banyak foto hasil hunting di malam takbiran. Bila masih kurang, kamu bisa tambah sampai 1TB menggunakan kartu memori eksternal. Kamu sudah bisa mendapatkan ponsel yang hadir dengan desain modern dan pilihan warna Lime, Violet, Graphite, dan White ini dengan harga mulai dari Rp5.999.000 (8GB/128GB) dan Rp6.399.000 (8GB/256GB).

Ditambah lagi, kalau kamu pelajar atau mahasiswa, bisa mendapatkan tambahan potongan harga 10% untuk pembelian Galaxy A54 5G melalui Student Offer, yang berlangsung mulai bulan April 2023. Jangan lupa daftarkan diri kamu lebih dulu di Samsung.com/id/offer/student untuk mendapatkan voucher potongan harga sebelum kamu membeli Galaxy A54 5G di Samsung Store terdekat, dan tunjukkan voucher tersebut saat membeli. Atau, kamu juga bisa membawa kartu pelajar atau mahasiswamu saat melakukan pembelian di Samsung Store. (Ro)

Teks foto:
Hasil Kamera Galaxy A54 5G dengan Night Mode