28/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Jaga Keandalan Pasokan Listrik Sumatera, Kementerian ESDM dan DPR RI Kunjungi PLN UPDK Belawan

Jakarta, kabargress.com – Dalam rangka menjaga keandalan pasokan listrik berkualitas menjelang hari raya umat Islam, Idulfitri, yang jatuh pada perkiraan tanggal 21-22 April 2023, Komisi VII DPR RI dan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Dirjen Gatrik) Kementerian ESDM mengujungi langsung PLN Nusantara Power, Unit Pengendalian dan Pembangkitan (UPDK) Belawan yang berada di Medan pada Selasa (18/4). Kunjungan ini juga sekaligus untuk memastikan seluruh umat muslim di seluruh penjuru nusantara dapat merayakan Idulfitri dengan khidmat dan nyala terang listrik dari PLN Nusantara Power.

Kementerian ESDM menyampaikan apresiasi kepada PLN Nusantara Power UPDK Belawan dalam kesiapan pasokan listrik yang aman di wilayah Sumatera ini. Jisman Hutajulu selaku Direktur Jenderal Ketenagalistrik Kementerian ESDM menyampaikan, pemerintah ingin memastikan selama periode Ramadhan dan menjelang Idulfitri ini masyarakat mendapatkan akses dan penyediaan listrik yang andal.

“Energi listrik merupakan hajat hidup dan hak setiap masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, kami ingin memastikan dari sisi pembangkit kemudian ke tahap lainnya (transmisi dan distribusi) semuanya berjalan dengan aman dan lancar. UPDK Belawan telah dengan sangat baik menyiapkan seluruh personel dan kesiapan unit pembangkit menjelang Idulfitri tahun ini,” ungkap Jisman pada kunjungan tersebut.

Lebih lanjut, Hendrik Sitompul, anggota Komisi VII DPR RI yang meninjau kesiapan unit pembangkit secara langsung juga turut memberikan acungan jempol kepada langkah-langkah yang telah diambil oleh PLN Nusantara Power UPDK Belawan dalam mengamankan pasokan listrik untuk masyarakat.

“Langkah tepat diambil PLN NP dalam menjaga keandalan menuju Idulfitri. Dimulai dengan apel siaga dan mengadakan posko serta petugas siaga di seluruh unit pembangkit yang dikelolanya. Saya dengar, PLN NP mensiagakan 3.201 personel untuk dapat memasok listrik secara kontinyu tanpa gangguan,” ucap Hendrik.

Menanggapi kunjungan langsung dari DPR RI dan Kementerian ESDM, Senior Manager UPDK Belawan Harmanto juga menyampaikan kesiapan UPDK Belawan.

“PLN NP UPDK Belawan sendiri mengelola pembangkit listrik PLTU,PLTGU,PLTMG dan PLTD di wilayah sumatera bagian utara dan aceh dengan Total Daya Mampu Normal (DMN) sebesar 994,72 Mega Watt (MW) di tahun 2023. Angka ini berkontribusi sebesar 30 % dari total DMN pembangkit sistem Sumatera Bagian Utara (Sumbagut). Kami optimis pasokan listrik ini dari kami akan aman selama bulan suci Ramadhan khususnya pada saat perayaan Idulfitri,” ungkap Hermanto.

Dalam menjaga keandalan pasokan listrik untuk sebagian besar wilayah pulau sumatera ini, PLN NP UPDK Belawan selalu menjaga kesehatan dan performa unit pembangkit. Salah satu caranya adalah dengan melakukan perawatan secara berkala dalam tenggat waktu dekat (harian, mingguan,bulanan) hingga kepada overhaul atau proses pembongkaran mesin untuk diperiksa dan diperbaiki bila terdapat komponen yang mengalami kerusakan. Overhaul dilakukan salah satunya untuk meminimalisir penggantian komponen mesin unit pembangkit secara masif sehingga dapat menurunkan biaya pengadaan karena dapat diketahui komponen yang perlu diganti secara parsial.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Bambang Heryadi juga telah mengunjungi PLTU di bawah UPDK Belawan, yaitu PLTU Sicanang, Belawan pada 13 Februari 2023. PLTU Sicanang diharapkan dapat menjadi pembangkit listrik unggulan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Sebab, PLTU ini telah melakukan transisi energi dari listrik yang bersumber dari batu bara menjadi gas (energi bersih). (Ro)