28/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Pastikan Kebutuhan Pokok Tersedia Saat Lebaran 2023, Tim Satgas Pangan dan KPPU Pantau Distribusi Kebutuhan Pokok

Surabaya, kabargress.com – Harga Kebutuhan Pokok menjelang lebaran relatif stabil dan tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini ditemui Satgas Pangan dan KPPU saat melakukan pemantauan harga bahan pokok dan penting di Pasar Tambahrejo Kota Surabaya.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Tim Satgas Pangan Mabes Polri yang diwakili Kombel Pol Eko Sulistyo Basuki yang didampingi oleh Satgas Pangan Polda Jatim, perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim, Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Jatim, Dinas Peternakan Jatim, Dinas Perkebunan Jatim, Bulog Jatim, dan Kanwil IV KPPU Surabaya.

“Kondisi bapok di pasar-pasar yang ada di Kota Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya dalam kondisi aman dan kita akan terus memantau sampai dengan pelaksanaan HBKN idul Fitri 1444 H,” ungkap Kombel Pol Eko Sulistyo Basuki.

Sementara itu menurut KPPU yang diwakili Kepala Bidang Penegakan Hukum Kanwil IV KPPU Ratmawan Ari Kusnandar mengatakan sebelum memasuki Ramadhan 1444 Hijiriah, KPPU telah rutin melakukan pemantauan bahan pokok baik di lapangan maupun langsung ke suplayer bahan pokok. Sinergi Pemantauan yang dilakukan KPPU dan Satgas Pangan dapat terlihat dengan terkendalinya distribusi bahan pokok hingga sampai ke pasar-pasar.

“KPPU selalu melakukan pemantauan distribusi Bahan Pokok agar lancar dan pasokan juga mencukupi untuk lebaran tahun 2023”, jelas Ratmawan.

KPPU juga mengingatkan kepada semua pihak baik pedagang ataupun pengepul agar tidak mempermainkan pola distribusi seperti menimbun barang yang berdampak pada pasokan. (Ro)