16/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Sinergi Media dan Korporasi Bantu Tiga Panti Asuhan dan Anak yatim Piatu di Kota Surabaya

Surabaya, kabargress.com –Momen Ramadan 1444 H, Komunitas Wartawan Ekonomi Bisnis (KWEB) Surabaya bersinergi dengan sejumlah korporasi kembali mengadakan kegiatan sosial. Kali ini dengan menyalurkan bantuan operasional tiga Pengurus Panti Asuhan dan uang saku 125 anak yatim piatu dan duafa di tiga panti asuhan di Kota Surabaya.

Ketiga panti tersebut yakni di Panti Asuhan Cahaya Insani Jalan Gubeng Kertajaya 3 No 3, Panti Asuhan Al Iksan di Jalan Simo Sidomulyo 5/26 dan Panti Asuhan Darul Aitam Jalan Raya Menganti Golongan 1, Babatan Wiyung pada Sabtu 15 April 2023.

Bantuan yang diberikan berupa aneka kebutuhan pokok seperti beras, minyak, susu, sarden, gula, mie instan, minuman, sosis dan kopi. Selain bantuan paket sembako kepada pengurus panti asuhan, juga uang saku kepada anak yatim piatu dan duafa juga an bantuan dana ke tiga Pengurus Panti Asuhan tersebut.

Kegiatan Gebyar Amal Ramadan KWEB kali ini didukung donatur dari sejumlah korporasi seperti Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Smartfren, Kliring Berjangka Indonesia (KBI), Pertamina Gas Negara (PGN), Pertamina Patra Niaga Jatim Balinus, PLN, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia. Juga Yayasan Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia (pengelola donasi konsumen Alfamidi), Japva, Hisana Fried Chicken dan Patra Raya.

Ketua Pelaksana “Gebyar Amal Ramadan Komunitas Wartawan Ekonomi Bisnis Surabaya 1444 Hijriyah” Harry Prasodjo mengatakan kegiatan rutin tahunan ini merupakan bentuk kepedulian media kepada lingkungan sekitar. Dengan relasi sejumlah korporasi yang dimiliki, mengajak serta perusahaan peduli dan membantu dengan menyalurkan donasi kepada anak panti secara bersama.

“Ini kegiatan regular tiap tahun sebagai bentuk kepedulian para jurnalis terhadap lingkungan sekitar, khususnya anak yatim piatu yang ada di sejumlah panti asuhan. Harapannya semangat berbagi ini bisa berkelanjutan pada tahun mendatang dengan jumlah yang lebih besar,” jelas Harry Prasodjo.

Perwakilan Panti Asuhan Cahaya Insani, Husniati mengaku sangat senang dan bersyukur dengan kegiatan yang dilakukan Komunitas Wartawan Ekonomi Bisnis Surabaya .

“Tahun ini yang kedua bagi Panti Asuhan Cahaya Insani Ada 35-an anak panti di sini. Dari yang terkecil usia 4 tahun sampai kelas II SMK yang tinggal di panti. Kegiatan di Panti Asuhan ini komplit mulai mengaji hingga kegiatan ekstra seperti menjahit dan computer. Terbanyak sekitar 70 persen yatim piatu, sisanya duafa,” kata Husniati.

Sementara Ketua Ponpes dan Panti Asuhan Al Ikhsan Muhaimin mengatakan, di bulan Ramadan yang berkah ini, bantuan dari Komunitas Wartawan Ekonomi Bisnis pastinya sangat membantu. Meski pandemi sudah melandai, panti asuhan membutuhkan biaya yang lumayan besar.

“Saya senang teman-teman media tetap menjalin silaturahmi dengan bentuk bingkisan dan bantuan kepada pengurus dan anak-anak panti asuhan. Mudah-mudahan tetap eksis dan istiqomah dengan kegiatan berbagi ini,” jelasnya.

Ketua Panti Asuhan Darul Aitam, Krisbanu, berterimakasih atas kepedulian komunitas media terhadap keberadaan anak yatim piatu. “Anak yatim piatu di sini memang tidak menginap, namun bertempat tinggal di rumah masing-masing. Sebanyak 75 anak yatim piatu yang kita koordinasi untuk jenjang pendidikan SD sampai SMU,” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris LPS, Dimas Yuliharto mengatakan sangat mendukung kegiatan sosial yang diselenggarakan komunitas wartawan ekonomi bisnis Surabaya yakni kegiatan berbagi kepada sejumlah panti asuhan di Kota Surabaya. Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

“LPS mendukung kegiatan sosial seperti ini dan kami sangat mengapresiasi inisiasi teman-teman media yang selama ini menjalani rutinitas sebagai jurnalis tapi tetap peduli dengan sesama dalam bentuk bantuan kepada Yayasan Panti Asuhan juga anak-anak yatim piatu,” kata Dimas Yuliharto.

Edi Arnawiria, General Manager Sales and Operation Region III PT PGN Tbk mengatakan “Kami menyambut baik gagasan rekan rekan media yang tergabung dalam komunitas wartawan ekonomi bisnis dengan kegiatan kemanusiaan seperti ini. Jadi tidak hanya mencari dan mengejar berita saja tetapi juga aksi sosial kemanusiaan. Hebatnya lagi, ini digelar rutin setiap Ramadan dan tahun ke empat. Semoga amanah dan bermanfaat,” ujarnya.

Regional Corporate Affairs Manager CCEP Indonesia Armytanti Hanum Kasmito mengapresiasi kegiatan kolaboratif bersama komunitas jurnalis dalam menumbuhkan kepedulian sosial pada sesama tersebut.

“Ramadan merupakan bulan yang melambangkan belas kasih, pengampunan, berkah, dan berbagi dan kami percaya akan pentingnya memberi kembali kepada masyarakat. Di CCEP Indonesia, kami berkomitmen untuk menciptakan perbedaan positif, baik di tempat kerja maupun komunitas lokal di area operasional bisnis kami,” kata dia.

Direktur Utama PT PatraRaya, H Moch Subandi berharap apa yang dilakukan Komunitas Wartawan Ekonomi Bisnis Surabaya (WEB) ini bisa bermanfaat bagi Panti Asuhan saat dibulan Ramadan.

“Semoga apa yang diberikan oleh Komunitas WEB ini bisa bermanfaat dan memberikan semangat bagi anak-anak yatim piatu dan terkhususnya bagi para pengurus panti asuhan. Kedepannya, komunitas WEB tetap bisa melanjutkan kegiatan bantuan sosial seperti ini dan juga bisa merambah ke panti asuhan lainnya,” jelasnya. (Ro)

Teks foto: Ketua Pelaksana “Gebyar Amal Ramadan Komunitas Wartawan Ekonomi Bisnis Surabaya 1444 Hijriyah”, Harry Prasodjo, menyerahkan secara simbolis bantuan sosial kepada Panti Asuhan Al Iksan di Jalan Simo Sidomulyo 5/26.