28/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Berkah Ramadhan, PLN Nusantara Power Salurkan 4.2 Milyar untuk Saudara yang Membutuhkan Melalui Program Ramadhan Berkah

Surabaya, kabargress.com – Subholding Generation Company PLN Nusantara Power (PLN NP) menghadirkan berkah di bulan suci Ramadhan 1444 H. Kali ini melalui program Ramadhan Berkah berupa penyaluran dana zakat, sedekah, dan infaq kepada asnaf zakat (golongan penerima zakat), PLN NP sukses menyalurkan dana sebesar 2,32 milyar rupiah yang dibagi kepada sesama yang berhak menerima. Ramadhan Berkah ini juga ditambah dengan penyaluran bantuan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) yang mencapai 1,92 milyar rupiah. Tercatat PLN NP menyalurkan bantuan senilai 4,25 milyar rupiah dari kedua program tersebut.

Program ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Lazis dan berkolaborasi dengan program PLN Peduli by PLN NP. Dana lazis ini terkumpul dari zakat seluruh karyawan PLN NP yang beragama Islam guna menunaikan kewajiban berzakat. Sedangkan program PLN Peduli ini merupakan bukti komitmen dan kepedulian perusahaan kepada sesama.

“Melalui Kegiatan Ramadan Berkah ini kami ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat sekitar. Keberhasilan PLN NP selama ini tak lepas dari doa serta dukungan masyarakat yang hidup berdampingan di sekitar unit pembangkit,” ucap Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmansyah.

Ramadan Berkah merupakan wujud rasa syukur PLN NP terhadap keberhasilan yang telah diraih selama ini. Apa yang telah dicapai tersebut dapat terwujud berkat doa serta dukungan masyarakat yang hidup berdampingan di sekitar unit pembangkit PLN NP.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa dana yang disalurkan merupakan hasil sinergi dari unit-unit PLN NP yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Unit Pembangkit (UP) Arun hingga UP Sambelia. Untuk penyaluran dana CSR, secara terpisah diberikan kepada masyarakat di sekitar pembangkit. Total penerima manfaat di seluruh penjuru Indonesia mencapai 5265 penerima manfaat dari CSR serta lebih dari 5000 penerima zakat dari Lazis. Tercatat penerima manfaat Ramadhan Berkah mencapai lebih dari 10.000 penerima manfaat.

“Sudah dilakukan penyaluran di beberapa unit pembangkit kami., disesuaikan dengan jadwal dan kesibukan masing-masing unit. Hingga penghujung ramadan ini, kami akan merampungkan penyaluran di seluruh unit pembangkit, agar masyarakat merasakan manfaat secara langsung”, tambah Ruly.

Acara puncak Ramadan Berkah diselenggarakan pada Jumat, 13 April di lantai 6 Kantor Pusat PLN NP secara hybrid dengan diikuti secara langsung oleh seluruh unit pembangkit PLN NP yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam acara yang berlangsung kekeluargaan tersebut, Marsudi, pengurus Panti Asuhan Muhammadiyah selaku penerima manfaat mengucapkan rasa terima kasihnya atas santunan yang diberikan, serta berharap santunan ini akan kontinyu di tahun-tahun mendatang.

“Bantuan yang didapatkan akan dimanfaatkan untuk biaya pendidikan anak-ank panti asuhan. Di masa pandemi, kami mendapatkan bantuan dari Lazis PJB (Kini LAzis PLN NP). Kami berterima kasih kepada PLN NP, perusahaan yang masih memperhatikan masyarakat di sekitarnya”, ucap Marsudi. (Ro)