29/03/2024

Jadikan yang Terdepan

GELONTORKAN 24,5 TRILIUN RUPIAH, BI JATIM PENUHI KEBUTUHAN UANG MASYARAKAT JELANG IDUL FITRI 1444 H

Surabaya, kabargress.com – Menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1444H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur meluncurkan sejumlah layanan penukaran uang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui Kick Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023, yang digelar pada tanggal 25 Maret 2023.

Tidak hanya menyediakan layanan penukaran drive thru, kas keliling ritel, dan penukaran melalui perbankan, masyarakat juga didorong untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai dengan memanfaatkan layanan penukaran menggunakan QRIS dan EDC, serta mengikuti QRIS experience donasi Rp2.503, disamping perluasan kas keliling ziarah 5 (lima) makam wali dan di jalur mudik.

Layanan SERAMBI 2023 KPwBI Provinsi Jawa Timur dibuka langsung oleh Budi Hanoto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, di Banking Hall BI Jatim. Turut hadir Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia; Pimwil Bank Mandiri, Pimwil BRI, Wapimwil BNI dan pimpinan perbankan Jatim; Perwakilan Perhimpunan Bank Umum Nasional (PERBANAS) dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO); serta perwakilan Kapolresta, Dinas Perhubungan Jatim, Satpol PP, Brimob dan Garnisun III Surabaya.

Dalam sambutannya, Budi Hanoto menyampaikan bahwa BI telah menyiapkan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah di Jawa Timur sebesar Rp24,5 triliun atau meningkat sebesar 8,4% dibandingkan realisasi tahun 2022 (Rp22,6 triliun) sejalan dengan perbaikan pertumbuhan ekonomi, peningkatan mobilitas masyarakat, dan kegiatan mudik jelang Idul Fitri 2023. Dari Rp24,5 triliun tersebut, disiapkan untuk kota Surabaya sebesar Rp12,6 Triliun, meningkat 11,5% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp11,3 Triliun.

Untuk memudahkan masyarakat, KPwBI Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan perbankan membuka 500 titik layanan penukaran di seluruh kantor perbankan wilayah kerja BI Jatim. Loket penukaran di bank umum buka setiap Selasa s.d Kamis pukul 08.30 WIB s.d 11.30 WIB, sedangkan di BPR buka setiap Senin dan Jumat pukul 08.30 s.d 11.30 WIB.

Selain penukaran melalui perbankan, BI Jatim juga kembali menyediakan layanan drive thru, sejak 25 Maret s.d. 16 April 2023, setiap hari Sabtu dan Minggu berlokasi di halaman kantor BI Jatim. Terdapat 2 sesi layanan yang masing2 akan melayani 1000 penukar, yakni sesi I pada pukul 09.30 WIB s.d 11.30 WIB, serta sesi II pada pukul 13.00 WIB s.d. 15.00 WIB.

Untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan transaksi penukaran, masyarakat yang akan menukar uang melalui perbankan dan layanan drive thru juga didorong untuk menggunakan QRIS dan EDC yang tersedia di loket. Adapun kuota penukaran maksimal senilai Rp3,8 juta untuk setiap penukar. Pada kick off SERAMBI 2023 ini, Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia turut mencoba penukaran uang menggunakan QRIS.

“Saya mengapresiasi Bank Indonesia Jawa Timur yang selalu memberikan layanan terbaik kepada masyarakat untuk menukarkan uang yang layak edar. Bahkan tahun ini sebagian loket pelayanan drive thru juga menerima penukaran secara non tunai menggunakan QRIS. Saya sudah mencoba dan berhasil”, tutur Indah.

Pada tahun ini, BI Jatim memperluas area layanan kas keliling ritel di sejumlah jalur yang akan dilalui pemudik, a.l. di rest area tol dan pos mudik gratis Dishub Jatim melalui sistem penukaran menggunakan aplikasi (PINTAR) maupun non aplikasi. Selain itu, layanan penukaran uang juga disediakan bagi peziarah di area 5 (lima) makam wali songo Jawa Timur, yaitu makam Sunan Ampel Surabaya, Sunan Giri Gresik, Sunan Drajat Lamongan, Sunan Gresik, dan Sunan Bonang Tuban.

BI Jatim secara aktif dan konsisten juga berinovasi dalam mengakselerasi adopsi pembayaran digital, salah satunya melalui QRIS Experience sbg bagian dari pre-event Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023. Melalui layanan tsb, masyarakat penukar layanan drive thru dapat mengikuti amazing race edukasi transaksi digital, mengisi Survei layanan QRIS serta berdonasi untuk tempat ibadah sebesar Rp 2.503 berhadiah minyak goreng. Filosofi QRIS Rp 2.503 adalah untuk mengabadikan momentum pelaksanaan kegiatan Kick Off SERAMBI Jatim 2023 yang bertepatan di tanggal 25 Maret 2023.

“BI Jatim selalu konsisten dalam menyediakan layanan prima dan inovatif melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholders untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah masyarakat Jawa Timur menjelang HBKN. Tentunya hal tersebut perlu diharmonisasikan dengan edukasi CBP Rupiah agar masyarakat dapat lebih bijak dalam berbelanja di momen HBKN ini”, jelas Budi Hanoto.

Sejalan dengan tema yang diusung yakni “Serambi Rupiah Ramadan : Belanja Bijak”, BI Jatim terus menghimbau masyarakat Jawa Timur untuk selalu menerapkan Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah, dengan memahami ciri-ciri keaslian uang Rupiah melalui 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang) dan berperilaku bijak saat berbelanja, yakni berbelanja sesuai kebutuhan bukan keinginan, serta mengutamakan belanja produk dalam negeri, khususnya UMKM. (Ro)