24/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Pemimpin Yang Merakyat Dan Peduli..

Penulis : Cak Oga
Pejuang Kampoeng

Indonesia adalah sebuah negara yang luas, terdiri dari ribuan pulau dengan sumber daya alam yang melimpah di daratan dan lautan. Indonesia juga negara dengan penduduk yang padat, yang terdiri dari beraneka suku, etnis, agama, dan budaya. Agar sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan seluruh komponen bangsa, maka dibutuhkan seorang pemimpin yang berkualitas.

Kriteria utama seorang pemimpin adalah berilmu. Seorang pemimpin harus berwawasan luas dan visioner, tahu dan paham ke mana bangsa ini akan dibawa. Seorang pemimpin juga harus amanah dan bertanggungjawab, memiliki sense of responsibility yang kuat, tidak mementingkan kelompok tertentu saja, bahkan mampu memikul beban yang bukan kewajibannya. Kriteria lain untuk menjadi seorang pemimpin yang berkualitas yaitu memiliki keberanian, kedermawanan, dan kesabaran.

Pada intinya, seorang pemimpin harus bisa menjadi permadani bangsa, dimana semua komponen bangsa bisa merasa nyaman dan terayomi. Segala perbedaan yang ada bisa menjadi rangkaian yang harmoni dan saling melengkapi. Sehingga terwujudlah Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghofuur..

Seorang pemimpin yang baik bukan hanya memerintah orang lain untuk melakukan suatu pekerjaan, tetapi pemimpin yang baik harus bisa terjun langsung ke lapangan untuk memberikan contoh yang konkret kepada rakyatnya. Mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri menuturkan, siapapun yang menjadi pemimpin harus mau terjun ke lapangan ketika terjadi bencana atau musibah, tidak bisa hanya duduk di meja dan hanya menerima laporan begini begitu tanpa mengambil tindakan lebih lanjut.

Seorang pemimpin yang bisa terjun ke lapangan secara langsung akan mendapatkan respect (rasa hormat) dari rakyatnya dan akan dinilai lebih baik oleh khalayak ramai. Rakyat sangat membutuhkan sosok pemimpin yang mengayomi rakyatnya, yang tidak ragu mengotorkan tangan demi kesejahteraan rakyatnya.