28/03/2024

Jadikan yang Terdepan

SCM RESMI SIARKAN FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023™

Erick Thohir (Ketua Umum PSSI) & Sutanto Hartono (Direktur Utama SCM), serta Harsiwi Achmad, Banardi Rachmad, Hendy Lim, Ekin Gabriel.

Jakarta, kabargress.com – Indonesia untuk pertama kali terpilih menjadi tuan rumah turnamen resmi FIFA, sekaligus sebagai negara kedua di Asia Tenggara tempat berlangsungnya Piala Dunia U-20 setelah sebelumnya diselenggarakan di Malaysia tahun 1997 silam. Perhelatan FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 akan berlangsung mulai dari 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Seluruh pertandingan akan digelar di enam stadion megah dan berstandar internasional yang tersebar di enam kota di Indonesia di antaranya, Stadion Utama Gelora Bung Karno (DKI Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang).

Bapak Erick Thohir (Ketua Umum PSSI) menyampaikan bahwa, Untuk Indonesia, ini adalah event kebangkitan. Harus ada dukungan maksimal dari semua pihak baik dari supporter, media, dan tentunya seluruh pecinta sepak bola Indonesia agar Garuda kita bisa terbang tinggi di mata dunia. Untuk seluruh masyarakat, mari kita menjadi tuan rumah yang baik.”

SCM siap mendukung perhelatan akbar internasional ini, dengan dipercaya sebagai official broadcaster FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023, setelah sukses menjadi pemegang hak siar FIFA World Cup Qatar 2022 tahun lalu. SCM akan menyajikan seluruh rangkaian pertandingan FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 sebanyak 52 pertandingan ke layar kaca dan gadget milik masyarakat Indonesia melalui media multi-platform terlengkap yang dimilikinya yakni, SCTV, INDOSIAR, VIDIO, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola, dan Champions TV. Penayangan FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 di SCM diharapkan dapat menggugah semangat nasionalisme masyarakat Indonesia untuk mendukung kejayaan dunia sepak bola tanah air.

Sutanto Hartono (Direktur Utama SCM) dan Erick Thohir (Ketua Umum PSSI) pada Press Conference FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023™

Kami bangga dan menyambut baik kepercayaan yang diberikan pada SCM untuk memegang hak siar FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 ini. Terlebih ini merupakan kali pertama Indonesia berperan sebagai tuan rumah dari perhelatan sepak bola dunia. Seperti saat menyiarkan FIFA World Cup Qatar 2022 di penghujung tahun lalu, kali ini tentunya SCM juga akan menyiarkan FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 melalui berbagai platform yang kami miliki. Dengan cakupan jangkauan yang luas kami harap seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati perhelatan FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 dan dapat turut bangga menyaksikan kemegahan perhelatan ini dilaksanakan di bumi pertiwi. Kami juga akan melakukan sosialisasi agar masyarakat turut serta mendukung Timnas U-20 Indonesia agar berprestasi dan mengajak masyarakat menjadi tuan rumah yang baik, baik di lapangan maupun di luar lapangan, ujar Bapak Sutanto Hartono selaku Direktur Utama PT. Surya Citra Media Tbk.

Pecinta sepak bola tanah air dapat menyaksikan keseruan FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 mulai dari 20 Mei hingga 11 Juni 2023 melalui multi-platform yang dimiliki SCM Grup, yaitu stasiun televisi free-to-air SCTV, INDOSIAR, MOJI, dan Mentari TV. Untuk kemudahan akses menonton, SCM juga akan menayangkan seluruh pertandingan di aplikasi VIDIO, layanan Over The Top (OTT) terbesar di Indonesia. Sementara bagi pemirsa yang berada pelosok daerah juga akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk menyaksikan turnamen sepak bola dunia tersebut melalui operator TV berbayar Nex Parabola, di saluran Champions TV, saluran olahraga terkemuka di Indonesia.

Selain menghadirkan keseruan semua 52 pertandingan, mulai dari babak group stage hingga final, SCM juga akan menayangkan kemeriahan dari Opening dan Closing Ceremony FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 secara simulcast di SCTV, INDOSIAR, aplikasi VIDIO, Nex Parabola, serta Champions TV.

SCM juga telah menyiapkan rangkaian program untuk menggaungkan gelaran akbar ini di antaranya dengan menayangkan secara langsung (LIVE) Final Drawing FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 yang akan diselenggarakan di Bali. Tidak hanya itu, SCTV dan INDOSIAR akan menayangkan sejumlah konser spesial yang menampilkan deretan musisi ternama tanah air jelang FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023. SCM Grup juga akan menyajikan reportase-reportase khusus seputar events menuju FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023, baik melalui media TV maupun online yang dimilikinya.

SCM juga bangga mendapatkan kepercayaan dari FIFA sebagai Host Broadcaster yang akan memproduksi seluruh pertandingan dan akan dikirimkan ke seluruh dunia untuk kemudian ditayangkan di negara masing-masing. Tentunya hal ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk SCM Grup agar bisa memproduksi FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 dengan standar internasional.

Masyarakat Indonesia tetap bisa menyelenggarakan kegiatan nonton bareng FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 dengan aturan-aturan yang ditentukan oleh FIFA. SCM mengapresiasi atas kerja sama yang baik dari berbagai pihak termasuk di antaranya berbagai Kementerian dan instansi pemerintah lainnya serta BUMN yang mengajukan izin dalam penyelenggaraan public viewing sepanjang perhelatan FIFA WORLD CUP QATAR 2022 yang lalu. Kami kembali menghimbau semua elemen masyarakat untuk tetap mematuhi aturan permohonan izin penyelenggaraan public viewing selama FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 berlangsung. Izin penyelenggaraan public viewing berlaku untuk semua pertandingan termasuk laga-laga Timnas Indonesia, baik bersifat komersial maupun kegiatan non komersial. SCM melalui PT. IEG yang akan kembali mengelola perizinan public viewing. Public viewing yang digelar tanpa izin tertulis, akan berdampak hukum bagi penyelenggaranya.

Penyelenggaraan FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 ini akan diikuti oleh 24 tim dari enam konfederasi yang berbeda yaitu, AFC (Asia), CAF (Africa), CONCACAF (Central, North America & Caribbean), CONMENBOL (South America), OFC (Oceania), dan UEFA (Europe). 24 tim tersebut akan dibagi dalam 6 Group Stage. Babak penyisihan atau Group Stage akan meloloskan 16 tim yakni, 6 Juara Grup, 6 Runner Up Grup, serta 4 Juara Ketiga terbaik melaju ke Round of 16 (Babak 16 Besar). Selanjutnya 8 tim akan lolos ke Quarter-Finals, 4 tim akan lolos ke Semi-Finals. Akhirnya 2 tim yang kalah di babak Semi-Finals akan bertanding memperebutkan juara ketiga, sedangkan 2 tim yang menang akan bertemu di FINAL, laga penentu Juara FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 yang akan berlangsung pada 11 Juni 2023. (Ro)

Tentang SCTV:
SCTV adalah salah satu stasiun TV free-to-air terdepan di Indonesia, yang menayangkan beragam program hiburan di antaranya drama series terbaik. Selain itu, SCTV juga memegang hak siar untuk penayangan pertandingan sepak bola olahraga internasional seperti, UEFA Champions League, UEFA Euro League, Premier League, dan tayangan olahraga lainnya.

Tentang INDOSIAR:
INDOSIAR merupakan stasiun TV free-to-air yang dikenal dengan berbagai terobosan program lokal dan produksi in-house, serta FTV. INDOSIAR juga merupakan rumah sepak bola Indonesia yang memegang hak siar turnamen sepak bola paling bergengsi di tanah air yaitu, LIGA 1, LIGA 2, dan turnamen pramusim Piala Presiden.

Tentang MOJI:
MOJI merupakan stasiun TV free-to-air ketiga milik SCM Grup yang berfokus pada program olahraga dan anak muda.

Tentang Mentari TV:
Mentari TV merupakan TV terestrial digital gratis milik SCM Grup dengan target utama pemirsa anak serta kaum ibu.

Tentang VIDIO:
VIDIO adalah layanan Over The Top (OTT) lokal terbesar di Indonesia serta salah satu yang terbesar di Asia Tenggara dengan lebih dari 60 juta pengguna aktif dan 2.5 juta pelanggan berbayar, yang merupakan rumah bagi beragam program-program olahraga, serta beragam series lokal terlengkap. Vidio juga menayangkan beragam pertandingan dan turnamen nasional di antaranya, LIGA 1, LIGA 2, LIGA 3, Turnamen Pramusim Piala Presiden, hingga liga-liga dan turnamen internasional seperti, UEFA Champions League, UEFA Euro League, Premiere League, Serie A, La Liga, Ligue 1, FA Cup, dan FIFA World Cup Qatar 2022.

Tentang Nex Parabola:
Nex Parabola adalah operator TV satelit berlangganan yang menyediakan berbagai saluran untuk semua anggota keluarga. Saluran yang tersedia bervariasi dari mulai saluran TV nasional hingga saluran internasional, termasuk Champions TV.

Tentang Champions TV:
Champions TV adalah salah satu jaringan olahraga terkemuka di Indonesia yang saat ini memiliki 4 saluran (Champions TV 1-4).

Informasi penting untuk seluruh pemirsa setia SCTV dan INDOSIAR, terhitung mulai 20 Maret 2023 pukul 24.00 WIB sesuai dengan Undang-Undang Cipta Kerja, siaran TV analog SCTV dan INDOSIAR khusus wilayah Denpasar, Palembang, Banjarmasin akan dihentikan. Segera ganti televisi Anda dengan TV digital atau pasang Set Top Box (STB) untuk dapat menyaksikan FIFA U-20 WORLD CUP INDONESIA 2023 dengan kualitas tayangan yang lebih baik. SCTV dan INDOSIAR siap beralih ke Siaran TV Digital Indonesia yang Bersih, Jernih, dan Canggih!