24/04/2024

Jadikan yang Terdepan

15 RIBU SANTRI KIRAB SYIARKAN CINTA TANAH AIR, POLRES NGAWI TURUN MENGAMANKAN

Ngawi, KABARGRESS.COM – Sebanyak 15 ribu santri turun jalan mengikuti kirab santri digelar panitia Hari Santri Nasional (HSN) 2022, Sabtu (22/10/2022). Kirab disambut gegap gempita santri wujud semangat penerus perjuangan para kyai, ulama dalam menegakkan syiar agama Islam dan cinta tanah air, cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Itu diwujudkan dengan menyanyikan Lagu Ya Lal Wathon dicipta KH Wahab Chasbullah.

“Ini memotivasi siswa santri MTs Negeri tiga Ngawi agar terus semangat istiqomah dalam menatap masa depan yang banyak tantangan. Hari Santri menjadi pengingat mereka. Karena itu Kepala Sekolah MTs Negeri tiga Ngawi menerjunkan sembilan ratus lima puluh siswa santri. Anak-anak penuh semangat, mereka merasa jadi bagian dari kehidupan santri,” ungkap Enni Aslihatul, guru MTs Negeri 3 Ngawi.

Sementara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 diperingati hampir setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Ngawi. Polres dan jajarannya melakukan pengamanan kegiatan masyarakat di HSN.

Diawali kegiatan pada pukul 06.30 sampai dengan pukul 11.00 WIB, Polres Ngawi dipimpin AKBP Drs I Wayan Murtika selaku Pamenwas bertempat di lapangan alun-alun Merdeka Ngawi melakukan pengamanan pelaksanaan Kirab Santri/ Jalan sehat bersarung dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2022 yang diselenggarakan oleh PCNU Ngawi dengan start depan Paseban Pemkab Ngawi Jl. Teuku Umar – Jl. Jaksa Agung soeprapto – Jl. Diponegoro – Jl. Untung suropati – Jl. Dr. Wahidin – Jl. Ronggo Warsito – Finish depan SMKN 1 Ngawi Jl. Teuku Umar (area alun – alun Merdeka Ngawi). Hadir sebagai undangan dalam kegiatan tersebut Forkopimda dan Polres diwakili oleh Wakapolres Ngawi Kompol Hendry Ferdinand Kennedy.

Di Polsek Paron pengamanan dipimpin Kapolsek AKP Didik S, S.H dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB, bertempat di halaman MAN 2 Paron dengan kegiatan Kirab Hari Santri yang rutenya Jl.raya Paron – Mega Mendung kiri – Jl. Tirtomoyo -Finis MAN 2 Paron, diikuti 500 orang peserta.

Sedangkan pukul 13.00 sampai dengan 17.00 WIB, bertempat di perbatasan Mantingan Kecamatan Mantingan kegiatan Gema Sholawat dan Bazar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 yang dihadiri 200 orang, pengendali pengamanan adalah Kapolsek Mantingan AKP Tulus.

Wilayah Jogorogo, pengamanan kegiatan pawai hari santri yang dilaksanakan oleh MI Genggong dan MTSN Genggong pukul 08.00 WIB dipimpin Kapolsek Jogorogo Iptu Nur Hidayat. Pawai ta’aruf MIN 3 Ngawi yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB yang berada di Desa Ploso pengamanannya dikendalikan Kapolsek Kendal Iptu Jaenuri.

Untuk pawai ta’aruf jalan kaki yang dilaksanakan MI Guppi Desa Ngancar Kecamatan Pitu, pada pukul 08.00 WIB pengamanannya dipimpin Kapolsek Pitu AKP Karno.

TTK Bhayangkari Padas juga tak mau ketinggalan dalam memperingati Hari Santri Nasional tahun 2022, kali ini dirayakan dengan doa bersama di Musholla Roudhotul Jannah Polsek Padas pada pukul 07.30 WIB yang dipimpin Kapolseknya Iptu Iswahjoedi.

Sedangkan Kapolsek Karanganyar AKP Supardi mengendalikan pengamanan pawai ta’aruf yang dilaksanakan di wilayahnya.

Di Desa Babadan Kecamatan Pangkur upacara perayaan Hari Santri dilaksanakan oleh MIN 14 Ngawi pada pukul 07.00 WIB. Sedang genduren Akbar sebagai bentuk rasa syukur para santri dan terima kasih kepada para pahlawan dilaksanakan pada pukul 20.00 hingga 21.00 WIB yang pengamanannya dikendalikan oleh Kapolsek Pangkur AKP Subandi.

Masyarakat merasakan kehadiran polisi sehingga keamanan dan ketertiban terjaga karena merasa aman dan terlindungi. “Sesuai petunjuk dan arahan Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, perlunya kehadiran polisi di kegiatan masyarakat agar merasa aman dan nyaman sehingga harkamtibmas tetap terjaga,” ucap Plt Kasi Humas Polres Ngawi Ipda Dian ketika dikonfirmasi. (Gue)