19/04/2024

Jadikan yang Terdepan

HELMY YUSUF ,HKTI NGANJUK SIAP DORONG PETANI MANDIRI

Konkritkan struktur HKTI di semua kecamatan dan semua desa. Pointnya HKTI harus rial , di tengah masyarakat. Bersinergi dengan pemerintah daerah ,dan siap mendorong petani Mandiri.

KabarGress.com – Musyawarah Cabang DPC Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI) kabupaten Nganjuk , Rabu 19 Oktober 2022 Helmy Yusuf , S. Ag, di tetapkan sebagai Ketua DPC HKTI kabupaten Nganjuk periode 2021 – 2026 setelah dipilih secara aklamasi oleh 20 PAC carteker dari 20 kecamatan kabupaten Nganjuk.

Wakil Sekretaris DPD HKTI Wendik Arifianto , sebelum membuka Muscab mengatakan HKTI harus menjadi bridging institusion atau jembatan penghubung petani dengan pemerintah dan stakeholder.

” HKTI Nganjuk ke depan mesti mampu menjembatani kepentingan petani dan pemerintah daerah ,” katanya

Pesan Wendik ini patut di pahami. Sebab Nganjuk dengan bawang merah sebagai ikon ini potensi pertaniannya luar biasa .Dimana total areal penanaman mencapai 11.300 Ha. Varietas asal Nganjuk ini sudai diekspor ke seluruh Indonesia Timur. Berdasar data Badan Pusat Statistik ( BPS) , selain bawah merah jenis lain berupa ,’ Padi–Gabah Kering Giling ,Jagung–Pipilan kering , Kedelai–Biji kerin, Kacang tanah–Biji kering ,Kacang hijau–Biji kering, Ubi kayu–Umbi basah, Ubi jalar–Umbi basah.

Kabupaten Nganjuk mendorong potensi agroindustri di daerahnya, terutama pada produk bawang merah. Hal ini terlihat dari penambahan lahan selama pandemi. Sebelumnya, Nganjuk memiliki 14 ribu hektare lahan, bertambah menjadi total 20 ribu hektare. Dan, 1 hektare lahan dapat menghasilkan 14 ton bawang merah.

Hadirnya Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI) Cabang Nganjuk di harapkan mampu bersinergi dengan Pemkab Nganjuk untuk mendorong dan eksplore potensi pertanian secara optimal sebagai upaya meningkatkan hasil pertanian demi kesejahteraan petani.

Helmy menyatakan dalam sambutan perdananya menyatakan kesanggupannya optimalisasi pertanian baik komoditas bawang merah maupun komoditas pertanian penopang yang lain seperti jagung . Untuk jagung Ketua DPC HKTI Nganjuk tengah memanfaatkan lahan .

Namun hal pertama yang di lakukan menata struktur organisasi di semua kecamatan. Ia mengajak 20 PAC kompak solid bekerja sama secara nyata untuk memajukan pertanian di Nganjuk.

” Karena kawan – kawan sudah memilih Saya maka saya minta kawan kawan tidak tinggalkan Saya tetap bersama bangun pertanian ,” pinta dia

Sementara Kepala Dinas Pertanian Ir. Muslim Harsoyo yang hadir mewakili Plt Nganjuk menyambut positif hadirnya HKTI di kabupaten Nganjuk. Ia berharap HKTI dapat berfungsi sebagai jembatan penghubung petani dengan pemerintah. Tantangan HKTI kedepan perjuangkan agar petani kehidupannya lebih baik. Dan kaum Milenial mau kembali ke sawah.

” HKTI saya jadi aspirator untuk kepentingan petani. HKTI dapat bersinergi dengan Kami Dinas Pertanian wujudkan ketahanan pangan ,” pungkasnya (Ery)