20/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Teater Api Indonesia Sajikan Pertunjukan di Gedung Cak Durasim Surabaya

Teater Api Indonesia menyajikan pertunjukan berjudul “Toean Markoen” hari ini (08/10) di Gedung Cak Durasim, Taman Budaya Jawa Timur. Toean Markoen merupakan karya yang membawakan kegelisahan tentang limbah / sampah / polusi, yang ini adalah konsekwensi besar dari sejarah peradaban manusia.

Ditengah hiruk pikuk pembangunan, kecanggihan teknologi dan perkembangan pengetahuan. Manusia termarginalkan dari pembaharuan-pembaharuan dan kemudian kejar-mengejar ketertinggalan satu dengan yang lain. Akhirnya, mereka sendirilah yang terperosok dalam kubangan kotoran polusi, sampah, limbah yang mereka ciptakan. Pada kondisi lebih nyata bahwa mereka yang tidak berbuat pun terjerebab jatuh dan basah.

Luhur Kayungga, Sutradara Toean Markoen menyatakan, “Pertunjukan ini menjadi upaya untuk melongok peradaban manusia yang saat ini telah diculik martabatnya dan direndahkan serendah-rendahnya. Manusia hanya sekedar berakhir menjadi sekrup-sekrup mesin dan dibuang sebagai sampah pabrik”.

Pertunjukan Teater Api akan dipentaskan kembali pada akhir Oktober di Pulau Bali, ini merupakan bagian dari agenda pementasan keliling wilayah Jawa-Bali yang mereka rencanakan. Teater Api sendiri merupakan kelompok teater yang aktif menciptakan karya sejak 29 tahun lalu di Jawa Timur. Karya-karya mereka menggelisahkan isu-isu sosial dan diwujudkan dalam pendekatan artistik dengan gaya Teater Api. (***)