19/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Optimalisasi Potensi Wisata Coban Rondo, Bobobox Gandeng PT Palawi Risorsis

Batu, KabarGress.com – Memasuki kuartal ketiga tahun 2022, sektor pariwisata di Kabupaten Malang menunjukan kinerja yang kian membaik. Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, hingga Maret 2022, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang tercatat ada sebanyak 547.466 wisatawan. Tak dapat dipungkiri, ragam potensi wisata yang ada di Kabupaten Malang, mulai dari wisata alam hingga kuliner, menjadi kekuatan besar sektor pariwisata bagi Kabupaten Malang.

Melihat tingginya potensi produktivitas sektor pariwisata, khususnya di Kabupaten Malang, Bobobox bersama PT Palawi Risorsis, anak perusahaan Perum Perhutani yang bergerak di bidang pariwisata, baru saja meresmikan Bobocabin Coban Rondo pada Jumat (26/08). Peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Pahala Mansury, selaku Wakil Menteri I Badan Usaha Milik Negara beserta jajarannya, yang juga diikuti oleh sejumlah pimpinan baik dari Perum Perhutani dan PT Palawi Risorsis, yang merupakan mitra Bobobox dalam proyek strategis Bobocabin Coban Rondo.

Bobocabin sendiri merupakan sebuah fasilitas akomodasi yang menerapkan konsep elevated camping atau glamping berpadu dengan kecanggihan teknologi Internet of Things (IoT) dan keindahan alam sekitar. Berlokasi di kawasan Wana Wisata Coban Rondo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Bobocabin Coban Rondo menyuguhkan panorama alam yang memukau, mulai dari hamparan hutan pinus berselimut kabut pagi nan cantik, hingga pesona lampu perkotaan yang bertebaran bak bintang-bintang kala malam hari.

CEO & Co-Founder Bobobox Indra Gunawan mengatakan, “Sebagai Bobocabin pertama kami di Jawa Timur, Bobocabin Coban Rondo merupakan wujud nyata kami dalam mengembangkan fasilitas beristirahat yang sekaligus dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan mereka berkaitan dengan kesehatan fisik dan mental yang cukup menjadi perhatian kalangan urban dan pekerja millennial”, ucap Indra.

Ia juga menambahkan, “terlebih, kami melihat Coban Rondo sendiri merupakan salah satu kawasan wisata unggulan di Kabupaten Malang dengan potensi pariwisata alam yang beraneka ragam, termasuk wisata air terjun yang sudah lama menjadi keunggulan di sini. Potensi wisata tersebut menginspirasi kami untuk dapat menyediakan sebuah fasilitas beristirahat yang tidak hanya membawa masyarakat lebih dekat dengan alam, namun juga dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat di sekitar lokasi. Mulai dari proses pembangunan hingga operasional, kami berkomitmen untuk semaksimal mungkin memberdayakan tenaga kerja dan UMKM yang berasal dari desa di sekitar lokasi Bobocabin Coban Rondo. Hal ini kami lakukan guna memastikan bisnis yang kami jalankan dapat turut memberikan manfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitar area Bobocabin. Lewat sektor yang produktif, kami yakin dapat turut menghadirkan dampak positif bagi semua”, tambah Indra.

Dengan mengedepankan modularitas, teknologi, dan kenyamanan pengunjung, Bobocabin Coban Rondo menyediakan 25 kabin yang terdiri dari 5 kabin tipe family dan 20 kabin tipe deluxe. Kabin-kabin tersebut juga telah hadir dalam versi Bobocabin terbaru, yang merupakan hasil iterasi produk yang telah dijalankan selama lebih dari satu tahun ke belakang.

Bagi pengunjung, ruangan Bobocabin dilengkapi dengan sejumlah fitur dan teknologi yang dapat menunjang kebutuhan mereka akan relaksasi dan pengalaman yang berkesan selama berada di Bobocabin. Fitur tersebut di antaranya seperti smart glass window, mood lamp, dan Bluetooth Audio Speaker yang dapat dikendalikan langsung dari aplikasi yang terinstal di ponsel pengunjung dan BPad. Selain itu, berbagai fasilitas, seperti resepsionis 24 jam, shared kitchen, area communal, koneksi wifi, barbeque, hingga api unggun juga turut dihadirkan untuk menjamin kenyamanan pengunjung selama berada di Bobocabin.

Lebih lanjut, Bobocabin Coban Rondo sendiri merupakan cabang ke-enam Bobocabin, setelah Bobocabin sukses di beberapa lokasi sebelumnya, termasuk Rancak Upas, Jawa Barat dan Kintamani, Bali. Sejak pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat pada Februari 2021, Bobocabin konsisten mencatatkan tingkat okupansi di atas 90%, sejalan dengan viralitas produk yang terus bertumbuh.
Kedepannya, Bobocabin menjadi fokus ekspansi Bobobox di tahun 2022. Dalam waktu dekat, Bobocabin juga akan hadir di sejumlah lokasi baru termasuk di provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Indra optimis hingga akhir tahun tujuan tersebut akan tercapai melalui strategi kolaborasi Bobobox yang mengedepankan win-win solution baik bagi Bobobox dan calon mitra. Skema kolaborasi yang ditawarkan tersebut di antaranya joint venture lease, joint venture invest, dan owned. Melalui skema tersebut, Bobobox membuka peluang bagi calon mitra lain dalam mengoptimalkan pengembangan aset berupa bangunan atau tanah yang mereka miliki. (Ro)

Tentang Bobobox

Bobobox didirikan pada tahun 2018 oleh Indra Gunawan dan Antonius Bong. Sebagai startup asli Bandung, Bobobox ingin menjadi the next generation of lifestyle company yang selalu berkomitmen untuk membantu setiap orang menjalani hari-harinya yang berkesan dengan sebuah pengalaman tidur yang baik, melalui inovasi teknologi, desain modular dan keramah-tamahan.

Hingga saat ini, Bobobox telah memiliki kurang lebih 1,200 pods yang tersebar di 16 lokasi di Indonesia. Ditengah pandemi COVID-19, Bobobox mampu menunjukkan resiliensi nya dengan mempertahankan tingkat okupansi sesaat setelah kebijakan lockdown dicabut, yaitu dengan mengembalikan okupansi di level 80% dari tingkat okupansi sebelum COVID-19. Teknologi yang dimiliki Bobobox sangat memudahkan konsumen sehingga lebih dari 80% tamu yang menginap adalah mereka yang melakukan direct transaction melalui aplikasi.

Bobobox telah menjadi brand yang dicintai masyarakat, dengan lebih dari 140,000 pengikut organik di Instagram. Bobobox mampu mempertahankan Net Promoter Score di angka 70%. Menjawab kebutuhan konsumen yang semakin beragam, baru – baru ini Bobobox meluncurkan beberapa lini produk baru yakni Boboliving dan Bobocabin.

Sejauh ini, Bobobox telah meraih pendanaan Series A sebesar US$11.5 juta dari beberapa investor seperti Alpha JWC, Sequoia Surge dan Horizons Ventures.
Bobobox telah menjalin kerjasama dengan berbagai mitra strategis dan juga pemerintah. Baru – baru ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menggandeng Bobobox untuk berpartisipasi dalam upaya pemulihan ekonomi Indonesia, dengan mendukung wisata domestik dan juga kontribusi terhadap UMKM.