25/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Pameran Surabaya Printing Expo 2022 Dibuka Resmi Gubernur Jawa Timur

Surabaya, kabargress.com – Gubernur Jawa Timur, Khafifah Indar Parawansa membuka secara resmi pameran Surabaya Printing Expo (SPE), bertempat di Grand City Surabaya, Kamis (23/6/2022).

Khafifah menilai pameran internasional Surabaya Printing Expo (SPE) yang berlangsung pada 23-26 Juni 2022 ini sangat bagus. “Industri digital printing update teknologinya luar biasa, kami berharap pameran ini bisa membangkitkan usaha di bidang grafika dan printing di Jatim,” tandasnya.

Kehadiran Pameran pameran di Jatim seperti ini juga menjadi bagian penting konektifitas dan pemacu perekonomian di Jatim.

Pada kesempatan sama, CEO Krista Exhibition, Daud D. Salim, mengatakan Pameran SPE ini merupakan yang ke-15, diikuti sebanyak 65 peserta, juga ada 7 UMKM jasa cetak, mereka bukan hanya cetak barang promosi, tapi juga di kertas, plastik, akrilik, keramik bahkan wallpaper bisa dicetak. 

Dalam pameran ini menampilkan teknologi terbaru Percetakan (Pre Press, Press, Post Press), Mesin, Peralatan, Perlengkapan. Selain itu juga menampilkan Digital Printing, Specialty Printing, Offset Printing, Digital Imaging – Graphic Imaging, Media Sign, Rotogravure, Sablon, Label Printing, Media Cetak, Teknologi Penerbitan, Teknologi Konversi.

Ketua Umum Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI), Achmad Mughira Nurhani, mengatakan anggota PPGI mendukung pameran ini, apalagi banyak anggotanya dari UMKM, menjadikan pameran ini sangat cocok untuk dihadiri. PPGI juga akan menggelar Munas di Surabaya bersamaan dengan penyelenggaraan SPE kali ini.

Ketua Umum Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (Apki), Liana Bratasida, mengatakan anggota asosiasinya berjumlah 120 terbanyak berada di Jatim. Industri kertas terutama kertas kemasan sangat dibutuhkan saat ini, karena untuk membuat pengiriman barang ke konsumen membutuhkan kertas kemasan.

Selain itu ada industri pengelolaan kertas bekas yang memakai serat seratnya kertas bekas untuk bisa didaur ulang dan digunakan kembali. (*/ro)