24/04/2024

Jadikan yang Terdepan

BACK to NATURE AND CULTURE KKN UBHARA TANAM 20 RIBU BIBIT BAMBUBAMBU

Giat Aksi KKN TEMATIK Mahasiswa UBHARA

Pacet , KabarGress.com – KULIAH Kerja Nyata ( KKN) Tematik Angkatan 10 Universitas Bhayangkara ( UBHARA) Surabaya , lakukan penanaman 20 ribu bibit bambu. Penegasan itu disampaikan DPL Siti Ngaisah ,SH, MH, mendamping di sela mendampingi Dr. Haryono.

Disamping menanam puluhan ribu bibit bambu Mahasiswa KKN UBHARA bangun ulang sungkup dan ikut serta membantu budidaya bambu,

Menurutnya giat aktif Itu dalam rangka membantu perwujudan pelestarian air, Universitas Bhayangkara Surabaya mencanangkan progran KKN tematik dengan melaksanakan program berkelanjutan di Dusun paras, Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

KKN tematik Kelompok 10 UBHARA ini mengambil tema “Back to Nature and Culture” yang berfokus pada pengembangan dan menjaga potensi alam dan budaya masyarakat sekitar. Dalam proker nya, Mahasiswa KKN melakukan pembangunan ulang sungkup untuk budidaya bambu dan turut serta mengikuti penanaman 20.000 bambu yang dilakukan di sumber air sekitar.

Program budidaya bambu dilakukan untuk mewujudkan pelestarian air. Seperti yang sudah diketahui, bambu merupakan sarana yang efektif untuk menyimpan air tanah disaat terjadi kekeringan. Hal ini tentu akan sangat berguna pada saat musim kemarau panjang dimana masyarakat sekitar tidak perlu khawatir akan gagal panen dan sumur yang mengering. Menurut data, Bambu sanggup menahan 90 % air hujan kedalam tanah dibandingkan daya serap pepohonan lain sebesar 35 – 40 %

Desa yang menjadi Lokasi KKN merupakan daerah pinggiiran taman Hutan R. Soerja ini belakangan ini sumber air terus berkurang. Itu terjadi lantaran catchment area mengalami degradasi. Penanaman kembali puluhan bibit bambu diharapkan upaya recovery sumber air daerah tersebut dapat diwujudkan kembali. (*/o)