25/04/2024

Jadikan yang Terdepan

GELAR RAKERDA I, HKTI RUMUSKAN PROGRAM KERJA ORGANISASI

Surabaya, KabarGress.com – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Timur, bakal melantik 15 Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kabupaten, bertempat di gedung Negara Grahadi Kota Surabaya, Selasa (22/3/22).

Hadir pada pelantikan Ketua DPC tersebut, Gubernur Jawa Timur, Dra. Khofifah Indar Parawansa, Ketum DPP HKTI DR. H. Moeldoko, Pangkoarmatim II Laksda Iwan Isnuwanto. Usai dilantik, pada malam harinya dilanjutkan dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I tahun 2022.

“Usai pelantikan break sebentar dilanjut Rakerda,” jelas Warsito SE, MM, selaku Sekretaris DPD HKTI Jatim mendampingi Ketua DPD HKTI Jatim, H. Oni Anwar Harsono, ST, MH.

Rakerda I tersebut, ungkap Warsito, dalam rangka menginput pemikiran maupun aspirasi masing-masing DPC sebagai rumusan program HKTI ke depan. “Forum rakerda bagian upaya kita melaksanakan penguatan struktural organisasi HKTI dalam upaya membangun peran konkret pembangunan pertanian di Jawa Timur,” katanya.

Oleh karena itu HKTI sebagai Ormasnya petani, tandas Warsito, sangat siap bekerjasama dengan Pemerintah dalam memajukan pertanian di Jawa Timur. Untuk itu, lanjut Warsito, Pemerintah diharapkan memberikan dukungan nyata kepada petani.

“Kami berharap dan mendesak pemerintah untuk melibatkan HKTI sebagai ormasnya PETANI agar keberpihakan pemerintah kepada kaum tani benar-benar bisa dirasakan langsung oleh para petani pasca pandemi ini,” harap Warsito.

Erat kaitannya kiprah HKTI ke depan, Ketua DPD HKTI Jatim, Ony Anwar Harsono, ST, MH, menyatakan optimisnya HKTI segera bangkit membenahi konsolidasi organisasi dan melaksanakan program kerja dengan kemandirian anggota, menyokong roda perekonomian di bidang pertanian dan pangan serta melibatkan dinas-dinas dan ormas terkait.

HKTI Jawa Timur bersama seluruh jajarannya di daerah kabupaten siap bersama pemerintah mewujudkan ketahanan pangan sekaligus mewujudkan kesejahteraan ekonomi petani.

Dengan semangat baru DPD HKTI Jatim akan sepenuhnya memperjuangkan kesejahteraan petani supaya kehidupan petani di Jawa Timur semakin makmur. Juga untuk mewujudkan apa yang menjadi keinginan Ketua DPD untuk mewujudkan pertanian ramah lingkungan berkelanjutan.
Serta melanjutkan apa yang menjadi tugas dan amanat AD/ART yaitu melaksanakan pembentukan DPC HKTI seluruh Jatim, mudah-mudahan ke depan muscab di masing-masing DPC dapat berjalan sukses pada Juni 2022. (*)