29/03/2024

Jadikan yang Terdepan

SUKSESKAN GEMARIKAN KOMISI IV DPR RI SAMBANG DESA WAUNG

Tulungagung , KabarGress.com – Heri Purwanto Kepala desa Waung Galakkan Gemar Makan Ikan ( Gemarikan) bagi warga desanya . Hal ini dilakukan selain untuk memenuhi kebutuhan gizi ,dan protein , sebagai upaya nyata mensukseskan program Gemarikan Pemerintah.

Erat kaitannya Gemarikan ini desa Waung menerima kunjungan Komisi IV DPR RI . Rombongan Komisi IV di pimpin Anggia Erna Rini ,MKm , bersama Dinas Kelautan dan Perikanan ( Diskanla) Jatim beserta Diskanla Kabupaten Tulungagung .

” Kami warga desa Waung haturkan terima kasih atas kunjungan Bapak Ibu Komisi IV DPR RI bersama Dinas Kelautan ,”kata Heri Jumat (4/3/22).

Diakui kunjungan Komisi IV DPR RI bersama Diskanla tersebut memberikan spirit bagi dirinya menggalakan Gemarikan di desanya agar lebih massif dan merata.

” Gemarikan yang tujuannya mengurangi gizi buruk ,dan masalah Stunting di tengah masyarakat segera dapat di atasi ,” tambah Heri.

Menurutnya , Gemarikan adalah program strategis dalam kerangka memenuhi kebutuhan gizi bagi masyarakat ,khususnya anak anak. ” Gerakkan makan ikan sebagai upaya memenuhi gizi warga desa Waung akan terus di galakkan ,” ujar Heri lagi.

” Sebab terpenuhi protein ikan , kebutuhan gizi bagi anak – anak . Dengan gizi yang baik , masalah Stunting anak dapat di atasi ,” imbuh nya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tulungagung, Lugu Trihandoko dalam kesempatan menyerahkan bantuan 500 paket bahan dari UMKM Tulungagung kripik, stick . Bantuan yang sama secara simbolis di serahkan 5 paket oleh Komisi IV ke warga , disusul ? paket di bagikan Komisi Penanggulangan Stunting .

Berdasar Data bukan timbang secara relevan angka relatif 4,5% dengan jumlah balita stunting 2.101 mengalami penurunan 27%, di tahun 2020 jumlah balita stunting 2.901 penangan stunting gizi buruk bisa berkolaborasi dengan lintas institusi maupun lembaga pemerintahan lainya.

Trihandoko mengungkapkan Pada tahun 2021 Kelautan dan perikanan Tulungagung menyalurkan bantuan produk olah ikan 475 paket di Kecamatan Kedungwaru, Sumbergempol dan Tulungagung, dan kelautan dan perikanan provinsi Jatim 200 paket, sekarang kementerian kelautan melalui komisi IV 500 paket . ( ADN )