29/03/2024

Jadikan yang Terdepan

HKTI PROBOLINGGO SIAP BERSINERGI DENGAN PEMERINTAH DAERAH

Probolinggo , KabarGress.com – Pra Muscab & Muscab HKTI Kota Probolinggo dan Muscab HKTI DPC Kabupaten Probolinggo dalam rangka Penguatan Dan Penataan Organisasi Kamis (3/2/22) berlangsung lancar dan Sukses .

Dr. Muhammad Haris ( Gus Haris) salah satu pemangku Pondok Pesantren ( Ponpes) Zainul Hasan Genggong terpilih secara aklamasi Ketua DPC HKTI kabupaten Probolinggo masa Bhakti 2021 – 2026. Gus Haris di pilih oleh 21 PAC dari 24 PAC .

Sebelum Muscab HKTI Kabupaten , Tim Akselerasi Organisasi dipimpin Wakil Ketua 1 DPD HKTI Jatim, anggota Bidang HUKUM , Bidang OKK gelar Muscab HKTI Kota Probolinggo, Jochanan Jaka S, terpilih ketua DPC HKTI Kota Probolinggo masa bakti 2021 -2025. Jochanan di pilih secara aklamasi oleh 5 PAC HKTI Kota yang hadir dalam Muscablub .

Walikota kota Habib Jadi Zainal Abidin , diwakili Kepala Dinas Pertanian , Ir. Arief sambut positif hadirnya HKTI Kota Probolinggo. Kedepan peran HKTI sangat ditunggu membantu ketersediaan Pangan masyarakat di Kota Probolingg. ” Dinas pertanian kota Probolinggo siap bermitra dengan HKTI ,” pesan Walikota di wakili Kadis Pertanian.

Pemerintah kota dan HKTI akan bersinergi mewujudkan lahan pertanian yang dilindungi. ” Dalam kesempatan ini saya berpesan mumpung jiwa masih berada di raga. Mari kita bersedekah karya dan harta untuk kepentingan orang lain ,” harapnya.

Program tanam 6 ribu pohon pepaya , kelengkeng , pengembangan penanaman buah anggur. Erat pengembangan tanaman tersebut petani berharap dinas pertanian kota Probolinggo berikan dukungan nyata.

Jochanan dalam sambutannya mengemukakan di Kota Probolinggo saat ini memiliki Kampung tematik, aquatik , yang bisa diterapkan rumah tangga. ” Misi kita itu tidak muluk muluk . Soal hilangkan subsidi pupuk. Sebab yang menikmati oknum tertentu , bukan petani. Kita dukung hilangkan subsidi pupuk setuju subsidi harga ,” katanya

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo HKTI dalam kesempatan membuka Muscab berharap HKTI mampu sebagai pendorong dalam akselerasi ketahanan pangan .

” HKTI kami harapkan adanya kordinasi dengan instansi terkait dalam menjembatani kepentingan petani. Yg terakhir HKTI dapat mendorong rekayasa engenering sebagai upaya peningkatan ketahanan di Kabupaten Probolinggo ,” kata Arif Kurniadi mewakili Kadis Pertanian.

Gus Haris , ketika di tanya awak media menegaskan hadirnya HKTI dapat menjadi bridge petani dalam upaya optimalisasi pembangunan ekonomi sektor pertanian di wilayah kabupaten Probolinggo.

Erat kaitanya maksimalisasi sektor pertanian , Gus Haris berencana membentuk santri tani. Sebab luas lahan pertanian maupun hasil pertanian di kabupaten Probolinggo masih cukup signifikan , dimana sebagian ponpes yang tersebar kabupaten Probolinggo basis usahanya adalah pertanian.

” Santri tani nantinya akan bersinergi dengan struktur PAC HKTI yang mayoritas adalah petani ,” kata Gus Haris sambil menegaskan HKTI kabupaten Probolinggo nantinya bakal bersinergi dengan instansi terkait , dalam upaya geliatkan pembangunan pertanian seperti di sampaikan Kadi Pertanian . ( *)