29/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Bercerita Bersama UC FIKOM dan SMM

Surabaya, KabarGress.com – Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra Surabaya (FIKOM UC) bersama Sanggar Merah Merdeka (SMM) dari Yayasan Kasih Bangsa (YKBS) kembali melakukan kegiatan pengabdian masyarakat.

Di bulan November hingga Desember 2021, mereka mengenalkan literasi yang dibalut dengan cerita dengan serangkaian kegiatan seperti; pemberian materi cerita, berlatih cerita, panggung cerita, hingga produksi siniar cerita. Kegiatan ini berlokasi di sanggar SMM yang berada di Jalan Tales III No.1, RW.10, Jagir, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.

‘Panggung Cerita’ diselenggarakan mengingat kurangnya minat literasi siswa sekolah dasar, terutama pada saat pandemi Covid 19 yang mana fokus anak mudah terpecah. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini menjadi semangat para siswa untuk lebih berani berbicara di depan publik sekaligus memperdalam minat literasi mereka dimulai dari hal kecil.

Dadik Kusmadi yang akrab disapa Mas Heru selaku ketua SMM sekaligus relawan pengajar di SMM mengatakan bahwa anak-anak di sanggar memang mudah terdistraksi dengan adanya handphone, hal ini membuat anak-anak seringkali tidak fokus belajar dan berpengaruh pada miat literasinya. Melalui observasi lapangan dan diskusi bersama kegiatan pengabdian masyarakat kali ini berfokus pada pengembangan minat literasi sekaligus ajang untuk para siswa belajar public speaking.

Anak-anak diberikan materi seputar pengenalan cerita hingga menonton cerita, yang bertujuan agar anak-anak memiliki paham dasar tentang cara bercerita. Puncak acara ini dilaksanakan pada 25 Desember 2021, yang mana anak-anak sudah mempersiapkan diri mereka untuk bercerita di hadapan teman-temannya.

Selain untuk meningkatkan minat literasi siswa, khususnya siswa sekolah dasar kelas 3 hingga 6, kegiatan ini juga menjadi pemantik minat mereka terhadap literasi dan menjadi semangat bagi para siswa untuk berani unjuk bicara di depan publik.

Kegiatan ini tidak hanya karena kurangnya minat siswa membaca buku. Kegiatan ini juga dilatar belakangi oleh antusiasme para anak sanggar yang sangat pandai dalam menceritakan kisah kesehariannya pada mahasiswa dari UC FIKOM.

Tidak ingin bakat mereka menguap begitu saja tanpa adanya latihan dan pengarahan, mahasiswa UC FIKOM mengadakan ‘Panggung Cerita’ agar mereka mampu menyalurkan bakat storytelling-nya dengan lebih baik. (***)