19/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Ponpes METAL MUSLIM dirikan KOPONTREN BBM

Pasuruan ,KabarGress.com – Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan santri, agar kelak siap hidup ditengah masyarakat global ,sekaligus meningkatkan kesejahteraan ekonomi Pesantren dan masyatakat. KH. Nurkholis, LC ( gus nurkholis ) pemangku Pondok Pesantren METAL Muslim Alhidayah Rejosolor Kec. Rejoso kab Pasuruan. , menggelar rapat di ponpes Metal pasuruan dalam rangka pembentukan Unit Usaha Koperasi Pondok Pesantren ( KOPONTREN ), Senin malam ( 8/6) .

Rapat yang di pimpim Gus Nurkholis (red ) menghadirkan beberapa orang.
Hadir dalam rapat tersebut , beberpa pengurus pondok pesantren dan juga beberapa pengusaha diantara nya H. Kelana Aprilianto , SE , owner Bangun Jaya Grup , Subagyo owner RPA Keraton Indonesia , para pengusha dan kontraktor , Ketua Bidang Organisasi AABI Agus Prastowo bersama masyarakat peduli pesantren.

Rapat yang dihadiri sekitar 20 0rang itu merumuskan berbagai bidang usaha yang nanti terwadahi didalam unit usaha Koperasi Pesantren atau Kopontren. Termasuk merumuskan nama KOPONTREN . Setelah melalui musyarawah panjang pada akhirnya di sepakati bersama nama Koperasi Ponpes Metal ,adalah :

KOPRASI PONDOK PESANTREN METAL ” BBM ” ( KOPONTREN ) BERKAH BERSAMA METAL. Kopontren BBM ini memiliki wilayah operasionalnya se-Jawa Timur.

Sementara unit – unit usaha yang bakal di kembangkan antara lain , Bergerak dalam bidang unit usaha.

  1. Perdagangan Umum ( swalayan / supermarket, grosir barang , industri makanan, minuman , trading dll.)
  2. Peternakan ( sapi, kambing , ayam , ikan )
  3. Pertanian & perkebunan
  4. Simpan Pinjam Syari’ah atau semacam BMT ( baitul maal wat takmil )

Tentunya agar program usaha di atas dapat berjalan maksimal , akan di lakukan pembekalan bersifat teknis ,” Para santriwan – santriwati yang juga melibatkan masyarakat sekitar nantinya akan berikan pembakalan teknis terkait bidang yang ada. ,” kata Gus Nurkholis

Munculnya gagasan mendirikan unit usaha Koperasi lanjut Gus Nurkholis , supaya pesantren mampu tetap surfive dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar . Dan memiliki manfaat yg lebih bagi pesantren dan juga masyarakat. Terlebih lagi pesantren seperti Ponpes Metal Muslim Alhidayah , dimana dengan anak asuh sebanyak 175 Santri mayoritas anak yatim ini merupakan pesantren Mandiri , yang tidak memungut biaya kepada para santrinya alias gratis. Terutama bagi santri Beasiswa Tahfidz.

Mas Kelana aprilianti yang kemudian di amanahi sebagai Ketua Pembina Kopontren BBM , memberikan masukan -masukan baik terkait regulasi dan perijinan maupun unit -unit usaha di dalam skema usaha Kopontren BBM kelak bisa hidup dan berkembang seperti koperasi yang lain. Termasuk unit usaha simpan – pinjam syariah.

GUS NURKHOLIS sebagai penggagas METAL FONDATION, selain menggerakkan sektor usaha KOPONTREN ini juga memprioritaskan dalam beberapa unit kegiatan. Seperti PENDIDIKAN ( EDUCATION ) , KESEHATAN ( HEALTH) , SKIL ( KETRAMPILAN ) , METAL FARM , EKONOMI MANDIRI juga Sosial kemasyarakatan. Termasuk Program Beasiswa Tahfidz.

Adapun struktur organisasi KOPONTREN sbb :

SETRUKTUR PENGURUS

DEWAN PEMBINA

H. KELANA APRILIANTO, SE

DEWAN PENGAWAS

KH. A. NURKHOLIS, LC
IBU NYAI Hj. LUTFIAH.

KETUA
SUBAGIYO, SE

WAKIL KETUA.
Kolonel (Au ) SUPRIADI

SEKRETARIS
FUAT FATHONI, S,Ag. M.Ag.

Wakil sekretaris
SANTI HIDAYATI

BENDAHARA
Drs. H. Agus subiantara, SE

Wakil bendahara
H. Nurul jadid

ANGGOTA

Arikatul Azza
Agus prastowo, MM
Qosim mustain
Iwan drijanto, SE
Farid ma’ruf
Budi ananto
Nanang Pramudia
Siswanto
Hj. Lilik muashomah
Sutrisno
Hj.Iin mufidah
H. Asrofudin .
H. Ardan , ST.
(Ery)