29/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Universitas Ciputra Surabaya Kembangkan Ekosistem QRIS

Surabaya, KabarGRESS.com – Memasuki hari ketiga pekan QRIS 2020, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Universitas Ciputra menyelenggarakan sosialisasi dan implementasi QRIS pada area kantin kampus Universitas Ciputra.

Tingginya jumlah generasi muda, besarnya jumlah penggunaan telepon genggam dan meningkatnya penetrasi internet, menjadi fondasi kuat bagi pengembangan sistem pembayaran non tunai berbasis QR Code di wilayah Universitas Ciputra. QRIS dibuat oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan ASPI untuk mempermudah transaksi pembayaran di Indonesia.

Hari ini adalah salah satu dari rangkaian kegiatan nasional yakni pekan QRIS 2020 yang diadakan di Jawa Timur salah satunya berada di Universitas Ciputra Surabaya”, ucap Imam Subarkah – Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dalam kegiatan Sosialisasi QRIS di Universitas Ciputra (11/03). 

Lebih lanjut Imam menambahkan bahwa dengan menggunakan QRIS diharapkan masyarakat dapat melakukan transaksi pembayaran dengan lebih mudah. QRIS sendiri juga merupakan inovasi pembayaran yang menjawab tantangan dunia digital, serta adanya perubahan budaya masyarakat terutama kaum millennial.

Dalam penyelenggaraan kegiatan hari ini, Bank Indonesia juga memberikan apresiasi kepada Universitas Ciputra yang merupakan contoh ekosistem pengembangan QRIS yang sangat baik di Jawa Timur. Di sini terdapat banyak merchant (kewirausahaan kampus), pengembang aplikasi serta pengguna atau konsumen itu sendiri. Implementasi dan penguatan QRIS di Jawa Timur sampai dengan awal Maret 2020, telah mencapai 321 ribu merchant dengan 114 ribu diantaranya berada di Surabaya.

Imam juga mengajak seluruh peserta untuk hadir dalam Pekan QRIS 2020 yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Maret 2020 sebagai acara puncak sekaligus mendorong implementasi QRIS pada seluruh segmen. #NggaweQRISyoRek

(ro)