28/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Jaringan Indosat Ooredoo Layani Pelanggan dengan Baik selama Perayaan Natal 2018 Trafik Layanan Data Naik 74.2%

Jakarta, 26 Desember 2018 – Jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo berhasil melayani masyarakat dengan baik selama perayaan Natal pada Selasa, 25 Desember 2018, walaupun terjadi peningkatan trafik telekomunikasi secara signifikan, khususnya untuk trafik layanan data.

 

Selama masa perayaan Natal, jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik cukup signifikan, dimana pada tanggal 25 Desember 2018 trafik data meningkat menjadi 6.824 TeraBytes, meningkat sebesar 12,9% dibanding trafik hari  biasa dan meningkat 74,2% dibanding trafik pada hari Natal tahun sebelumnya.

 

Sementara untuk trafik suara mengalami penurunan sebesar 14,86% dibandingkan trafik hari biasa, sedangkan trafik SMS naik sebesar 8,4% dibandingkan dengan trafik SMS hari biasa.

 

“Kami berkomitmen untuk tetap memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat dan pelanggan dalam menggunakan layanan kami, khususnya pada masa-masa padat trafik telekomunikasi seperti perayaan Natal 2018 ini. Hal ini tidak lepas dari upaya kami menyiapkan kapasitas jaringan, mengantisipasi kenaikan aktivitas komunikasi masyarakat, terutama dalam menggunakan layanan data. Kami akan terus memastikan keandalan kualitas layanan kami untuk mendukung aktivitas masyarakat di akhir tahun ini,” demikian disampaikan Turina Farouk, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

 

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara dan SMS untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik yang biasa terjadi. Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari. Layanan data saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat seiring dengan tren penggunaan media sosial dan aplikasi digital lainnya.

 

Sementara untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.

 

Masing-masing kapasitas tersebut disiapkan beberapa kali lipat dari prediksi kenaikan trafik yang kemungkinan terjadi dan cukup untuk mengantisipasi kenaikan trafik tersebut. Semua kenaikan kapasitas tersebut juga didukung oleh 11.636 BTS secara nasional, sehingga diharapkan mampu melayani 64,1 juta pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia. (r0)