18/04/2024

Jadikan yang Terdepan

XL – Yonder Luncurkan Layanan Musik

* Maksimalkan Layanan 4G LTE & Dukung Industri Musik Indonesia

yonder02-1024x576Surabaya, KabarGRESS.com – PT XL Axiata Tbk (XL) bekerjasama dengan Yonder Music, meluncurkan sebuah layanan dalam komitmennya untuk terus melengkapi ekosistem layanan 4G LTE. Layanan Yonder Music ini menawarkan layanan hiburan musik untuk pelanggan XL dan AXIS secara eksklusif. Yonder menyediakan akses ke lebih dari 20 juta lagu dari jutaan musisi dari seluruh dunia, termasuk musisi lokal Indonesia.

Layanan ini dapat dinikmati mulai 19 Mei 2016, dan diluncurkan secara resmi bersamaan dengan digelarnya konser Yonder Music All-Star Live yang menampilkan 17 artis ternama, salah satunya adalah D’Masiv yang diadakan di Café n Resto Kirkos, Jumat (27/5/2016).

GM Brand Communication and Activation XL, Andi Djoewarsa mengatakan, “Seiring dengan upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan internet cepat 4G LTE, XL kini menghadirkan layanan musik Yonder. Selain video, musik adalah konten yang paling sering dikases pelanggan XL melalui smartphone mereka. Oleh karena itu setelah kami meluncurkan layanan streaming video Tribe, kini kami hadirkan dengan layanan musik streaming Yonder.”

Menurut Andi, XL sudah jauh-jauh hari sebelumnya menyiapkan layanan musik ini. Bersama Yonder, XL sudah melakukan antara lain riset konsumen untuk memastikan layanan musik yang pas untuk pelanggan XL dan masyarakat Indonesia. Selain itu, kerjasama dengan label-label besar musik Indonesia juga dilakukan sebelumnya oleh Yonder agar bisa menyajikan koleksi lengkap musisi Indonesia. XL mentargetkan sekurangnya 1,2 juta pelanggan akan menggunakan layanan musik ini di tahun pertama.

Sedangkan Marketing Director Yonder Music Asia, Joyce Lim mengatakan, “Yonder Music memiliki sebuah visi besar untuk mendemokratisasi akses kepada materi musik-musik yang berkualitas dan XL juga mempercayai nilai-nilai yang serupa. Dengan ragam fitur layanan unik yang ditawarkan oleh Yonder Music dan jangkauan jaringan XL yang begitu solid di seluruh penjuru nusantara, Yonder Music dan XL akan menghadirkan sebuah era baru bagi industri musik digital di Indonesia, era kebebasan yang tidak hanya membawa manfaat positif bagi para pelanggan setia XL dan masyarakat luas, tetapi juga tentunya bagi para pelaku industri musik di Indonesia”.

Pelanggan XL bisa mengakses layanan musik secara mudah, yaitu hanya cukup berlangganan paket data XL HotRod atau Combo Xtra senilai lebih dari Rp100 ribu, sudah akan bisa menikmati Yonder secara gratis. Sementara itu, bagi pelanggan yang tidak berlangganan data lebih dari Rp100 ribu, akan dikenakan biaya berlangganan Rp35ribu/bulan.

Melalui layanan ini, pelanggan bahkan juga bisa mengunduh lagu, memutarnya secara offline  dan membagikannya ke orang lain. Untuk lebih memberikan pengalaman menyenangkan menggunakan Yonder, XL memberikan masa promo selama sebulan gratis akses Yonder untuk semua pelanggan XL. Masa promo mulai 19 Mei hingga 30 Juni 2016. Untuk menikmati layanan promo ini, pelanggan tidak perlu melakukan registrasi apapun.

Untuk bisa mengakses Yonder, pelanggan cukup mengunduh aplikasi Yonder Music di App Store (bagi pengguna iPhone) di http://bit.ly/1OAKgKP atau Play Store (Android) di http://bit.ly/1TIo5Ec. Aplikasi Yonder tersedia untuk smartphone atau tablet Android dengan OS versi 4.1x  ke atas dan Iphone dengan OS versi 7.1.2  ke atas.

Mendukung Industri Musik Indonesia

Yonder Music hadir di Indonesia dengan kesempatan mendapatkan peluang bisnis yang cukup besar. Dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, Indonesia hanya memiliki porsi persentase sekitar 0,4% dari peta industri musik dunia. Yonder membawa platform pemutar musik yang revolusioner.

Para pecinta musik tanah air yang akan mendapatkan akses bebas ke puluhan juta koleksi trek musik yang legal dan berkualitas. Yonder juga memberikan kesempatan bisnis yang menjanjikan bagi para pelaku industri musik sendiri dengan pembagian royalti yang adil dan transparan.

Sementara itu bagi XL, meningkatnya penetrasi smartphone di Indonesia dari tahun ke tahun meningkatkan pula permintaan atas layanan musik yang berkualitas. XL Axiata melihat bahwa ragam keunikan fitur dan terutama nilai yang dimiliki oleh Yonder Music merupakan sebuah solusi. Yonder menghadirkan solusi layanan musik terbaik bagi pelanggan XL dan masyarakat luas yang akan membawa industri musik digital di Indonesia ke sebuah level baru.

Melalui layanan musik ini, XL sekaligus hendak mengimplementasikan komitmen untuk memberikan dukungan pada industri kreatif Indonesia, khususnya musik. Aplikasi musik Yonder memungkinkan para pelaku industri musik Indonesia untuk menemukan sarana digital yang tepat untuk menjangkau pasar secara mudah dan simple, serta terjangkau.

Dengan basis pelanggan data XL yang terus meningkat, mereka akan menjangkau pasar yang signifikan serta akan terus tumbuh. Aplikasi ini memang sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan produk musik nasional secara mudah dan legal. Hal ini pun sangat sesuai dengan upaya komunitas musik Indonesia yang memerangi pembajakan.

Peluncuran layanan musik Yonder ini dilangsungkan dengan satu konser musik di area Tenis Indoor, Senayan, Jakarta. Akan tampil dan berkolaborasi 17 artis penyanyi Indonesia papan atas, yaitu Ariel Noah, Afgan, Raisa, Isyana Sarasvati, Rossa, Andien, Judika, Momo Geisha, Rian D’Masiv, Mike Mohede, Cakra Khan, Iwa K, Cita Citata, Lesty, Young Lex, Jaclyn Victor, dan legenda hidup musik Indonesia, Iwan Fals. Persembahan spesial dari Yonder Music dan XL Axiata ini hanya eksklusif untuk para pengguna Yonder Music yang sudah mengunduh aplikasi ini mulai, 19 Mei 2016 kemarin.

Yonder Music bersama XL Axiata juga meluncurkan sebuah single khusus dengan judul “Kebebasan”. Single dirilis secara eksklusif melalui platform Yonder Music ini merupakan sebuah karya kolaborasi dari 17 artis yang tampil di konser akbar Yonder Music All-Star Live.

Lagu “Kebebasan” ini merupakan adaptasi dari tembang milik musisi legendaris almarhum Prince yang bertajuk, “Free”, dan adaptasi lirik bahasa Indonesia dalam lagu ini adalah buah karya Rian D’Masiv. Lagu ini sendiri dipilih karena baik Yonder Music maupun XL merasa bahwa lagu ini cocok menjadi milestone yang menandakan datangnya sebuah kebebasan bagi masyarakat Indonesia untuk mengakses musik-musik berkualitas secara legal dan gratis.

Saat ini, internet cepat 4G LTE dari XL sudah melayani lebih dari 5 juta pelanggan 4G di 58 kota, yang didukung dengan lebih dari 3 ribu BTS 4G. Hingga akhir tahun 2016 nanti, XL mentargetkan setidaknya 100 kota/area akan terlayani layanan 4G LTE. Selain terus memperluas wilayah cakupan layanan 4G LTE, XL juga terus melakukan berbagai inisiatif untuk meningkatkan kualitas layanan dari sisi teknis. (ro)

Teks foto: GM Brand Communication and Activation XL, Andi Djoewarsa (kiri), Marketing Director Yonder Music Asia, Joyce Lim (tengah) bersama D’Masiv saat acara pressconf Yonder Music Funk Up Indonesia, kerjasama XL-Yonder luncurkan layanan music di GrhaXL Pemuda, Jumat (27/5/2016).