28/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Roadshow XL Future Leaders 2016; Tantang Mahasiswa Temukan Solusi Bagi Kotanya

pressconf02-1024x640Surabaya, KabarGRESS.com – Mulai April 2016, XL memulai roadshow ke sejumlah kota besar di Indonesia untuk melakukan sosialisasi program XL Future Leaders 5 (XLFL) di kalangan perguruan tinggi. Sosialisasi akan mulai dari kota Medan di tanggal 12 April dan berakhir di Yogyakarta. Sedangkan di Surabaya, roadshow akan dilakukan tanggal 21 Mei 2016 di Universitas Airlangga.

Materi sosialisasi akan terdiri dari pemaparan mengenai apa itu program XLFL Global Thinking, platform e-Learn, juga program beasiswa. Termasuk pula dalam agenda sosialisasi mengenai pengembangan XLFL ke kalangan siswa SLTA, serta kompetisi melahirkan solusi bagi problem masyarakat.

Vice President XL East Region – Desy Sari Dewi mengatakan, ”XLFL ini menjadi sarana XL untuk mendorong para mahasiswa untuk mampu menunjukkan jiwa kepemimpinan mereka. Seorang leader seharusnya memiliki pengamatan, keperdulian, serta tak ragu mengambil bagian untuk ikut mencari solusi atas persoalan yang ada di hadapannya. Menemukan solusi atas persoalan di lingkungan terdekatnya adalah salah satu cara terbaik untuk memupuk inisitif dan karakter kepemimpinan mereka. Untuk itulah kami menyelenggarakan XLFL ini, semoga sekaligus bisa menjadi kontribusi bagi publik luas.”

Global Thinking adalah nama untuk kurikulum program XLFL, yang mengajarkan tiga mata kuliah pokok, yaitu Komunikasi Efektif, Managemen Perubahan, serta Jiwa Kewirausahaan. Ketiga hal tersebut merupakan keahlian utama atau soft skills yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin untuk mencapai level global. Metoda belajar yang diterapkan berupa perpaduan antara kelas tatap muka sebanyak lima kali dalam setahun, belajar dengan memanfaatkan program-program berbasis teknologi informasi komunikasi, serta aktivitas sosial lapangan.

Sementara itu eLearn XLFL merupakan platform digital yang disiapkan oleh XL untuk mempermudah anak-anak muda Indonesia bisa ikut dapat akses mempelajari program XLFL melalui sarana digital. Dengan platform yang telah disesuaikan agar mudah disampaikan melalui internet, siapa saja mahasiswa dan masyarakat Indonesia bisa ikut mendapatkan manfaat dari program XLFL tanpa perlu melalui seleksi. Materi belajar Elearn bisa didapatkan dengan mengakses link elearn.xlfutureleaders.com.

Sementara itu pada program beasiswa, XL membuka kesempatan kepada mahasiswa Indonesia semua jurusan untuk bisa mendapatkan beasiswa XLFL. Bekerjasama dengan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE), XL mengelola program ini dengan memberikan manfaat kepada para penerima beasiswa berupa bantuan uang tunai selama 1 tahun serta pendidikan pengembangan diri.

Seiring dengan sosialisasi, XLFL juga mulai menerima pendaftaran bagi mahasiswa yang berminat mengikuti program ini. Pendaftaran akan berlangsung mulai tanggal 28 Maret sampai 30 Juni 2016. Untuk mempermudah, pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi join.xlfutureleaders.comPeserta harus berusia maksimal 21 tahun, serta terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia dengan IPK minimum 2,8, dan aktif berorganisasi.

Tahun ini, XL Future Leader menyediakan minimal 120 tempat bagi mahasiswa yang lolos seleksi dalam tiga tahap. Ketiganya adalah tes tertulis, FGD dan interview. Aspek penilaian akan mencakup hal-hal seperti antara lain prestasi, kompetensi, kemampuan menganalisa, sikap, keaktifan berorganisasi, dll. Masa pelatihan akan mulai Januari 2017.

XLFL untuk siswa SLTA

Inisitif lain untuk tahun 2016, XL juga mulai mengembangkan program XL Future Leaders (FL) bagi siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Mulai tahun ini, selain terus mensosialisasikan program XLFL untuk kalangan mahasiswa, XL juga mulai mengenalan program ini ke sekolah-sekolah lanjutan atas untuk mengimplementasikan program kepemimpinan tersebut. XL telah menyiapkan kurikulum  dengan desain khusus untuk siswa SLTA.

Manager CSR XL – Achmad Pradipta mengatakan, ”Pada tahap awal, XL akan memulai program ini dengan mengundang sekolah-sekolah lanjutan atas yang ada di setiap kota yang menjadi lokasi sosialisasi XLFL. Meski demikian, XL tidak akan membatasi kepada siswa atau pihak sekolah di luar undangan untuk mengikuti sosialisasi. Ada tiga elemen pokok yang akan menjadi penekanan XLFL bagi siswa SLTA, yaitu bagaimana berkomunikasi yang efektif, berpikir kreatif dan inovatif, serta kemampuan beradaptasi dengan perubahan.”

XL memandang pendidikan kepemimpinan khas XLFL ini sangat ideal jika bisa diterapkan kepada anak-anak kita sejak dini. Apalagi mengingat terpaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari yang memang tak mungkin dibendung lagi. Langkah terbaik adalah menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada, yaitu antara lain membekali anak-anak dengan cara berpikir yang sesuai dengan kondisi kekinian yang sekaligus produktif, tanpa mengabaikan lingkungan sosialnya. Program XLFL berharap bisa ikut menyiapkan sejak dini anak-anak Indonesia untuk bisa mengambil peran di era serba digital.

Program XLFL untuk sekolah lanjutan atas ini akan diimplementasikan dalam beberapa format kegiatan, antara lain adalah seminar interaktif dengan mengundang perwakilan OSIS dari sekolah-sekolah di Indonesia. (ro)

Teks foto:

(KiKa) VP XL East Region, Desy Sari Dewi, Manager CSR XL, Achmad Pradipta, Fasilitator XL Future Leader, Tidar Rachmadi, menjelaskan kelebihan program CSR XL Future Leaders 5 dibanding tahun-tahun sebelumnya dan apa yang telah dicapai selama tahun tersebut dalam acara press conference XLFL5 di GrhaXL Pemuda Surabaya, Jum’at (20/5).