29/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Gunakan Frekuensi 1800 MHz, XL Perluas dan Tingkatkan Kualitas Layanan 4G di Yogyakarta

XL4GJogya1Yogyakarta, KabarGRESS.com – PT XL Axiata Tbk (XL) meningkatkan kualitas layanan dan memperluas cakupan layanan 4G untuk area Yogyakarta dan sekitarnya. Jika sebelumnya sejak akhir 2014, pelanggan XL di sana sudah bisa menikmati  internet cepat 4G yang mempergunakan frekuensi 900MHz, kini XL meningkatkan kualitasnya dengan mempergunakan frekuensi 1800MHz. Peresmian peningkatan kualitas layanan 4G ini dilakukan dalam sebuah resepsi di halaman Candi Prambanan, yang dihadiri oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, dan Presiden Direktur/CEO XL, Dian Siswarini, Kamis malam (12/5/2016).

Presiden Direktur/CEO XL Dian Siswarini mengatakan,“Sejak lama kami menempatkan Yogyakarta sebagai area yang spesial. Kami memandang Yogya tidak sekadar sebagai pasar, namun juga tempat di mana kami bisa menunjukkan seperti apa seharusnya suatu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi dan data mampu melayani masyarakat Indonesia. Apalagi Yogya adalah salah satu basis industri kreatif di Indonesia, sekaligus sebagai Kota Budaya dan Pendidikan. Koneksi internet yang berkualitas adalah kebutuhan yang urgent untuk mendukung aktivitas masyarakat Yogya.”

Menurut Dian, kualitas layanan internet cepat 4G akan meningkat dengan memanfaatkan frekuensi 1800MHz. Kecepatan layanan internet bisa ditingkatkan hingga 100Mbps, dan lebih stabil. Selain itu, dari sisi ekosistem, layanan pada frekuensi 1800MHz juga akan lebih memudahkan pelanggan dan masyarakat Yogya dalam mendapatkan ponsel 4G di pasar. Secara global pun, layanan 4G LTE juga menggunakan frekuensi 1800MHz.

Yogyakarta mendapatkan layanan 4G pada frekuensi 900MHz sejak akhir 2014, bersama dengan Medan dan Bogor. Saat itu pemerintah memang baru memberikan izin penggunaan frekuensi 900MHz untuk layanan 4G. Setelah kemudian pemerintah melakukan penataan ulang frekuensi 1800MHz dan memberikan izin penggunaan frekuensi tersebut untuk layanan internet cepat 4G LTE sekitar Oktober 2015, XL hanya mengembangkan 4G LTE dengan menggunakan frekuensi 1800MHz.

Saat ini sudah tersedia lebih dari 200 BTS 4G yang tersebar di berbagai area di dalam kota Yogyakarta dan sekitarnya. Infrastruktur tersebut akan menopang layanan untuk sekitar 627 ribu pelanggan data, yang diperkirakan akan terus meningkat secara cepat. Saat ini, total pelanggan XL di Kota Pelajar ini sekitar 1,9 juta, yang merupakan pelanggan potensial untuk berpindah ke layanan internet cepat 4G.

Layanan 4G LTE di Yoyakarta kini akan meng-cover wilayah yang lebih luas dari sebelumnya. Selain area-area di dalam wilayah Kota Yogyakarta, pelanggan dan masyarakat bisa memanfaatkan 4G LTE di sekitar wilayah Mlati, Depok, Sewon, Kotagede, Gamping, Kaliurang, Sedayu, dan Pathuk. Di berbagai area tersebut terdapat antara lain kampus, pusat perbelanjaan, pusat bisnis, dan lokasi wisata. (ro)

Teks foto: (Ki-ka) CEO Ericsson Thomas Jull, Kadiskominfo Gunung Kidul, Agus Kamtono, Direktur/Chief Service Management XL Yessie D. Yosetya, Presiden Direktur XL Dian Siswarini, Asisten 2 Gubernur DIY Bidang Perekonomian&Pembangunan, Gatot Saptadi, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Rektor Univ. Islam Indonesia Yogyakarta, Harsoyo Walikota Yogyakarta Hariyadi Suyuti dalam acara peresmian perluasan layanan 4G LTE di Yogyakarta, Kamis (12/5).