24/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Kualitas SDM Tentukan Suksesnya BUMN Hadapi MEA 2015

Wagub Jatim Saifullah Yusuf memotong tumpeng tanda  dimulainya Seminar Nasional SP BUMN di H. Santika SbySurabaya, KabarGress.com – Kualitas Sumber Daya Manusia menentukan suksesnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Demikian disampaikan Wagub Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf saat membuka Seminar Nasional ” MEA Tahun 2015, Apakah Ancaman atau Peluang Bagi BUMN?” Mempersiapkan Mentalitas Pekerja BUMN Dalam Menghadapi Daya Saing MEA 2015 di Ballroom Hotel Santika Premiere, Surabaya, Kamis (9/4).

Menurutnya, peningkatan kualitas SDM harus dilakukan kalau ingin bersaing di MEA 2015 dimana SDM dari luar negeri akan masuk ke Indonesia. Kualitas SDM dari luar negeri pasti tidak kalah dengan Indonesia. “ Oleh sebab itu, SDM di BUMN harus terus ditingkatkan agar bisa bersaing nanti, “ ungkapnya.

Ia mengatakan, era globalisasi yang diawali hadirnya MEA 2015 menuntut untuk memiliki SDM yang handal. MEA 2015 ini, Jatim harus menjadi pemenang bukan menjadi pasar bagi negara asing. “Dengan jumlah masyarakat yang banyak yakni satu per tiga jumlah masyarakat di ASEAN, Indonesia bisa mengambil kesempatan untuk meraih kesempatan tersebut untuk menjadi pemenang,” ungkapnya.

BUMN menjadi salah satu cara agar Indonesia tetap eksis pada ajang MEA 2015. BUMN harus memperbaiki berbagai aspek agar lebih bagus. Dengan tersedianya berbagai sumber daya dan dukungan dari pemerintah, BUMN harus bsia memanfaatkan kesempatan tersebut. “ Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) juga harus berbenah. Apabila BUMN mempengaruhi tingkat nasional, sedangkan BUMD mempengaruhi kemajuan sebuah provinsi, “ tambahnya.

Gus Ipul, sapaan akrabnya mencontohkan sudah ada BUMN yang sudah go internasional, seperti PT. PELINDO dan GARUDA INDONESIA. BUMN yang lain harus mencontoh kinerja yang telah dilakukan BUMN yang sukses di kancah internasional.” BUMD harus berpacu dan meningkatkan kinerja, untuk mencapai kesuksesan sebagaimana dicontohkan BUMN diatas,” harapnya. (Hery)

Teks foto: Wagub Jatim Saifullah Yusuf memotong tumpeng tanda dimulainya Seminar Nasional SP BUMN di Hotel Santika Premiere Surabaya.