28/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Pertama Terluas di Indonesia, XL Siap Hadirkan Layanan 4G di Denpasar

Surabaya, KabarGress.Com – PT XL Axiata Tbk (XL) operator terbesar kedua di Indonesia terus berusaha memperluas layanan 4G di Indonesia. Dan telah siap meluncurkan layanan Internet cepat ini di Denpasar dalam beberapa hari ini. Hal ini ditandai dengan digelarnya kesiapan jaringan di Denpasar, Bali, Jum’at (13/3). Upaya XL menghadirkan layanan 4G ke Indonesia karena banyak manfaat yang bisa dihadirkan oleh layanan internet cepat, yang tidak hanya akan menguntungkan pelanggan secara individu, namun juga mendukung sektor bisnis dan perekonomian secara umum, serta upaya pemerintah dalam percepatan pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi mengatakan,“Melalui kesiapan peluncuran 4G yang akan kami gelar beberapa saat lagi, kami memenuhi janji kepada pelanggan dan masyarakat Denpasar untuk memberikan pelayanan yang lebih unggul dibandingkan pelayanan 4G yang sudah ada. Modernisasi jaringan atau penggantian perangkat baru di Denpasar yang terus kami lakukan hingga akhir Maret 2015 membuat performa akses data 4G XL menjadi lebih prima. Dengan demikian Denpasar akan menjadi kota keenam setelah Jakarta, Yogyakarta, Medan, Bogor, dan Surabaya yang akan memiliki jaringan 4G. Pemilihan Denpasar sebagai kota yang menjadi prioritas penyediaan 4G adalah karena sejumlah pertimbangan. Selain pertimbangan sebagai kota pariwisata, juga sisi bisnis seperti tingginya potensi permintaan dan kebutuhan pelanggan, XL juga mempertimbangkan sisi dukungan bagi percepatan pembangunan di Denpasar sebagai pusat perekonomian di Bali, dan kota kreatif di Indonesia.”

Guna memasyarakatkan layanan 4G ini, XL terus menyiapkan ekosistem pendukungnya, seperti penyediaan ponsel, aplikasi digital yang memberikan ragam manfaat menarik bagi pelanggan (gratis streaming lagu di Guvera, live streaming nonton pertandingan bola Liga Inggris, video streaming di VIKI, dan konten Muslimku), dan paket data layanan 4G.

4G merupakan teknologi jaringan telekomunikasi tercanggih saat ini. Teknologi ini disebut-sebut memiliki keunggulan terutama antara lain pada kecepatan, efisiensi jaringan, dan jangkauan layanan. Dengan keunggulan yang ditawarkan tersebut, pengguna akan mendapatkan manfaat seperti kecepatan dan kestabilan akses layanan data yang lebih baik, termasuk untuk upload atau pun download konten-konten berkapasitas besar seperti foto atau video, maupun mengirim atau menerima file-file besar.

Saat ini, pelanggan XL East Region mencapai lebih dari 13,5 juta pelanggan, di Denpasar jumlah pelanggan mencapai lebih dari 4 juta pelanggan dilayani oleh sekitar 1500 BTS 2G/3G/4G. Secara nasional, XL memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 52 ribu BTS (3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan demikian, jaringan XL telah siap dipergunakan untuk mengimplementasikan layanan 4G. Ketika nanti teknologi netral di frekuensi 1.800 MHz telah siap dipergunakan untuk layanan 4G, XL sudah siap untuk lebih memperluas jangkauannya ke berbagai daerah. (ro)