28/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Sambut Kunjungan Preside Joko Widodo, Gubernur Kerahkan SMK Wujudkan Swasembada Pangan

Gubernur Jatim Soekarwo mendampingi Presiden RI Joko  Widodo melihat PT. Jogja Inovasi Teknologi, pabrik perakitan alat pertanian  di Desa Mlilir Kecamatan Delopo Kabupaten Madiun,,.,,.Ponorogo, KabarGress.com – Program Pemerintah RI di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah mewujudkan swasembada pangan. Oleh sebab itu, Gubernur Jatim akan mengerahkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk turut serta dalam program swasembada pangan. “Pemprov akan bekerjasama dengan SMK yang ada di Jatim dalam proses pembuatan alat pertanian. Hal itu disebabkan karena perusahaan pembuat alat pertanian terdapat di Jatim dan membutuhkan tenaga dalam proses pembuatannya,” demikian disampaikan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo di hadapan Presiden RI, Jokowi saat meninjau PT. Jogja Inovasi Teknologi, di Jl. Raya Mlilir, Kec. Dolopo, Kab. Madiun, Jumat (6/3).

Penggunaan alat mekanik dalam proses panen hasil pertanian cukup diperlukan. Seperti yang telah disampaikan Jokowi beberapa waktu yang lalu, pemerintah kekurangan tenaga kerja di bidang pertanian saat proses panen. Salah satu perusahaan pertanian yang turut serta dalam peningkatan produksi pertanian adalah PT. Jogja Inovasi Teknologi dengan kemampuan produksi 1.200 unit alat pertanian.

Padahal, dibutuhkan sekitar 60 ribu unit alat pertanian untuk disebarkan ke seluruh pelosok nusantara. Dengan adanya alat ini mampu meningkatkan produksi hasil panen. Dengan alat ini, mampu mengamankan hasil produksi dengan menekan kehilangan hasil utamanya saat panen dan perontokan mencapai 10 persen, mengatasi kendala kurangnya tenaga kerja panen dan peruntukan pada saat musim panen raya, efisiensi biaya panen dan perontokan.

Peninjauan yang dilakukan Presiden RI ke PT. Jogja Inovasi Teknologi ini merupakan rangkaian kunjungan kerja ke Jatim kali ini. Sebelumnya Jokowi yang didampingi Ibu Negara beserta Gubernur Jatim DR. H. Soekarwo beserta istri menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo beserta ibu negara di Lapangan Udara Iswahyudi Madiun, Jumat (6/3) pagi.

Dalam lawatannya, Presiden ke tujuh ini telah melakukan kunjungan kerja di beberapa daerah di Jawa Timur. Diantaranya di Desa Dukuh Jetis Kabupaten Ponorogo dalam rangka panen raya, tanam padi varietas IR 64 dan peletakan batu pertama saluran irigasi. Kemudian, Presiden Joko Widodo yang didampingi beberapa Menteri Kabinet Kerja itu melanjutkan sholat Jumat di Masjid Agung R. M. A. A. Tjokronegoro Kabupaten Ponorogo. Setelah itu, kunker RI 1 dilanjutkan dengan menyempatkan untuk merasakan kuliner sate ayam H. Tukri Sodikun.

Rencananya, Presiden Joko Widodo juga akan melakukan panen raya jagung varietas poiner 27 dan tanam kedelai di Desa Sukoharjo Kabupaten Ponorogo. Setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi PT. Industri Kereta Api (INKA) di Kota Madiun. (hery)