28/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Orangtua Sebaiknya Bijaksana Tanggulangi Gejala Gangguan Kesehatan Anak

Surabaya, KabarGress.Com – Orangtua sebaiknya bijaksana dalam menanggulangi gejala gangguan kesehatan pada anak. Sebagian besar gangguan kesehatan anak tidak berbahaya dan hanya menyebabkan ketidaknyamanan sementara, misalnya perut kembung dan pilek. Penanganan perut kembung dan pilek umumnya cukup dengan mengelola gejala-gejalanya. Dengan mengenal gejala tersebut, orangtua lebih siap dan tenang menghadapi kondisi kesehatan buah hatinya sehingga lebih mudah dalam mengatasinya.

Brand Manager PURE Indonesia, Hendrawan Ali Murtono, mengungkapkan, Pure menawarkan cara baru mengatasi permasalahan kesehatan pada anak secara alami dengan standar kualitas yang tinggi. “Salah satu sub kategori Pure yaitu Medicated Series, yaitu produk Aise Belly Natural yang dapat diminum anak untuk meredakan sakit perut karena kembung dan masuk angin dan produk Inhalant yang meringankan gejala flu dengan cara dihirup uapnya sehingga melegakan hidung tersumbat,” terangnya di sela-sela acara Seminar Media dengan tema “Bijaksana Tanggulangi Gejala Gangguan Kesehatan Anak. PURE Medicated Series: Cara terbaru meringankan gejala Flu & Perut Kembung”, bertempat di Hotel Bumi Surabaya, Selasa (9/12/2014).

Purekids Inhalant dan Aise Belly, lanjut Hendrawan, diproduksi sesuai standar internasional menggunakan standar Pharmaceutical dan bukan Consumer Goods. “Purekids Inhalant dan Aise Belly lebih efektif dan aman untuk meringankan gejala gangguan kesehatan pada hidung dan perut. Kehadiran Purekids Inhalant dan Purekids Aise Belly di tengah-tengah masyarakat Indonesia menjadi pilihan tepat bagi orangtua dalam menanggulangi gejala gangguan kesehatan pada anak,” tandasnya.

Sementara itu, ahli tumbuh kembang anak dari Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya, dr Mira Irmawati SpA (K), mengatakan anak merupakan kelompok rentan terhadap berbagai penyakit karena sistem kekebalan tubuh belum terbangun sempurna. “Anak masih sangat rentan terhadap segala kemungkinan terserang penyakit, karena itu peranan orangtua sebaiknya bijaksana dalam menanggulangi gejala gangguan kesehatan pada anak,” ujar Mira.

Disebutkan Mira, salah satunya adalah sakit perut kembung yang antara lain disebabkan menelan udara terlalu banyak, sering terkena angin dan pemilihan botol susu yang salah, proses peragian (intoleransi laktosa), dan faktor lainnya. “Perut kembung dan pilek mengganggu kenyamanan dan anak menjadi rewel, tidak dapat tidur nyenyak. Bila keadaan ini sering terjadi berulang kali, maka akan berpengaruh pada proses kualitas tumbuh kembang anak,” tukasnya.

Bahkan, jika mengetahui anaknya sedang sakit, orangtua seringkali menggosok obat gosok atau bawang merah untuk mengatasi perut kembung. “Dengan pengertian bahwa kedua benda tersebut dapat mengeluarkan panas sehingga kembung berkurang, padahal benda tersebut terlalu keras untuk kulit anak dan seringkali menyebabkan kulit anak mengalami iritasi,” ucap Mira mewanti-wanti.

Lantas solusinya? Sebaiknya orangtua menerapkan metode baru yang lebih sesuai untuk tubuh anak supaya anak bisa tumbuh dengan baik. “Sekali lagi beberapa gangguan kesehatan pada anak yang tidak berbahaya dan menimbulkan ketidaknyamanan sementara antara lain perut kembung dan pilek. Orangtua yang bijaksana harus mengenal gejala tersebut sehingga lebih mudah dalam mengatasinya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Poliklinik Pengobatan Komplementer RSU. Dr. Soetomo/FK UNAIR dan Ketua Program Studi Pengobat Tradisional (Battra), dr. Arijanto Jonosewojo, SpPD, FINASIM, mengatakan pengobatan secara alami dapat menjadi alternatif untuk meredakan gejala gangguan kesehatan dan saat ini cukup menjadi bahan perhatian karena manfaatnya.

“Pengobatan yang berbahan alami atau herbal adalah pemakaian obat yang berbahan alam dari tanaman tanpa dicampur zat kimia. Obat herbal yang aman untuk anak sudah ada uji toksisitas, praklinik dan uji klinik,” timpalnya.

Arijanto mengatakan banyak herbal yang diteliti untuk kembung dan gangguan flu baik yang empiris, uji praklinik maupun uji klinik. Bahan herbal seperti “terpenneles seed oil” memiliki fungsi relaksasi pada lambung dan mengeluarkan gas dari rongga perut. “Eucalyptus oil mampu mengencerkan dan mengurangi produksi mucus berlebih, mempunyai efek anti-inflamasi dalam mengurangi peradangan rongga hidung serta memiliki efek antiseptik dan antimikroba,” tuturnya. (ro)