19/04/2024

Jadikan yang Terdepan

D-Mobile, Danamon Mobile Banking Hadir di Surabaya

D-Mobile* Menjadi Sahabat Baru dan Siap Membantu Layanan Perbankan Setiap Saat

Surabaya, KabarGress.Com – PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (Danamon) telah meluncurkan aplikasi mobile banking bernama D-Mobile (Danamon Mobile Banking) pada Senin, 17 November 2014 lalu di Jakarta. Untuk semakin mendekatkan aplikasi D-Mobile kepada para nasabah Danamon di seluruh Indonesia, hari ini, Rabu, 26 November Danamon menghadirkan aplikasi terbarunya ini kepada masyarakat di Surabaya. Sebagai salah satu kota besar yang terus berkembang dan semakin meningkatnya pengguna smartphone, Surabaya menjadi salah satu kota yang potensial bagi penggunaan aplikasi D-Mobile.

Aplikasi D-Mobile memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi perbankan melalui smartphone yang terhubung dengan jaringan data (GPRS/3G, EVDO-CDMA, WiFi). D-Mobile dapat digunakan pada platform/OS tipe iOS, Android dan Blackberry. Aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis melalui Apple App Store (iPhone), Google Play Store (Android phone) dan Blackberry App World (Blackberry). Dalam segi keamanan, D-Mobile menggunakan User ID dan Password untuk dapat log-in / akses ke dalam menu transaksi dan menggunakan mPIN untuk otorisasi setiap transaksi yang dilakukan serta adanya notifikasi transaksi yang tersimpan di inbox dan juga dikirimkan ke email nasabah.

“Dengan hadirnya D-Mobile di kota Surabaya, kami berharap Danamon menjadi semakin dekat dengan para nasabahnya. Kami yakin dengan fitur-fiturnya yang inovatif ini, D-Mobile akan menjadi Sahabat Baru bagi masyarakat Surabaya dalam menggunakan layanan perbankan dengan memanfaatkan perkembangan dan kecepatan teknologi informasi melalui smartphone. Ini merupakan komitmen Danamon untuk selalu memberikan yang terbaik kepada para nasabah.” ujar Eddie Harijanto Bintoro, Regional Corporate Officer Danamon Wilayah III Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara di Surabaya.

Selain dapat melakukan transaksi perbankan seperti transfer dana, informasi saldo, isi ulang pulsa, dan pembayaran tagihan, D-Mobile menghadirkan inovasi baru yaitu fitur SosMed D-Cash dan Augmented Reality. SosMed D-Cash merupakan fitur layanan perbankan yang pertama kali hadir di Indonesia. Melalui fitur SosMed D-Cash ini, pengguna D-Mobile dapat memberikan dana kepada teman melalui jaringan media sosial Facebook. Transaksi dilakukan dengan cara membuka aplikasi D-Mobile, pilih menu “Pembayaran” dan “SosMed D-Cash”, dilanjutkan dengan log-in ke dalam Facebook dan memilih teman Facebook yang akan menjadi penerima dana.

Setelah itu, pilih “Nominal” dengan memasukkan nilai dana yang akan diberikan, kemudian pengguna akan diminta untuk membuat passcode dan memasukkan nomor ponsel penerima dana. Notifikasi atas SosMed D-Cash akan terunggah pada private wall Facebook; dan hanya dapat dilihat serta dibaca oleh pemberi dana dan penerima dana. Passcode tersebut akan diberikan kepada teman Facebook yang menjadi penerima dana secara terpisah dengan cara dikomunikasikan langsung. Passcode ini menjadi salah satu data yang akan digunakan oleh teman Facebook untuk mengambil dana di ATM Danamon yang memiliki tanda layanan D-Cash.

Keunggulan dari fitur ini adalah teman Facebook tidak perlu memiliki rekening Danamon atau rekening perbankan lainnya, cukup dengan mengakses fitur Collect Money pada D-Mobile dengan memasukkan ID Facebook dan sejumlah data yang diminta seperti nomor handphone, passcode, nomor Ref ID dan nominal; kemudian penerima dapat pergi ke ATM Danamon terdekat yang memiliki tanda layanan D-Cash.  Fitur inovatif D-Mobile ini juga telah dilengkapi dengan sistem pengamanan sehingga transaksi melalui jaringan media sosial dapat dilakukan dengan aman. Saat ini sebanyak 1.280 ATM Danamon yang bertanda D-Cash di seluruh Indonesia telah siap untuk mendukung proses transaksi melalui fitur SosMed D-Cash. Sementara itu, untuk Danamon di kota Surabaya terdapat sebanyak 79 ATM Danamon yang bertanda D-Cash.

Djamin Nainggolan, Consumer Lending & Alternative Channel Head mengatakan, “D-Mobile merupakan aplikasi mobile banking yang unik dan berbeda dari aplikasi-aplikasi layanan perbankan pada umumnya. Dengan titur-fitur terbaru seperti SosMed D-Cash dan Augmented Reality yang mengikuti perkembangan teknologi ini, diharapkan dapat memenuhi permintaan kebutuhan konsumen sehingga dapat digunakan dimana saja dan kapan saja dengan hasil yang dapat dirasakan secara cepat dan nyaman. Layanan D-Mobile merupakan salah satu langkah Danamon dalam menyukseskan Gerakan Nasional Non Tunai untuk terciptanya less cash society.”

Inovasi D-Mobile lainnya adalah fitur Augmented Reality yang ditujukan untuk memanjakan nasabah dan pengguna kartu kredit Danamon yang memiliki hobi berbelanja atau wisata kuliner. Fitur ini menampilkan informasi mengenai promo-promo dari Danamon yang bekerja sama dengan sejumlah toko merek-merek tertentu ataupun promo di restoran-restoran yang berada di radius 5 KM dari pengguna D-Mobile. Selain itu, fitur Augmented Reality juga ditujukan bagi nasabah yang ingin mengetahui lokasi ATM dan cabang Danamon terdekat. Adapun proses pencariannya melalui proses pemindaian (scanning) dengan menggunakan kamera smartphone.

“Kami bangga dapat memperkenalkan D-Mobile ini kepada masyarakat di kota Surabaya. Melalui aplikasi D-Mobile ini, nasabah akan semakin dimanjakan dengan layanan yang cepat, mudah, aman dan nyaman. Harapan kami, aplikasi D-Mobile dengan fitur terbarunya ini mendapat sambutan yang baik dan positif dari masyarakat di Surabaya” demikian kata Eddie Harijanto Bintoro. (Ro)