29/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Mahasiswa Asing Luweskan Gerakan Tari di Ubaya

Surabaya, KabarGress.Com – Sejumlah mahasiswa asing belajar di Universitas Surabaya (Ubaya) melalui jalur beasiswa yang disediakan pemerintah Indonesia, Darmasiswa. Mahasiswa asing ini akan belajar Bahasa dan budaya Indonesia selama 6 bulan hingga 1 tahun di Ubaya. Salah satu kegiatan mereka selama di Ubaya adalah belajar menari tarian tradisional setiap minggunya. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Selasa, 28 Oktober 2014 pukul 11.00-12.00 di Seminar Room Gedung International Village Lantai II Kampus II Ubaya Tenggilis Jalan Kalirungkut Surabaya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, mahasiswa Darmasiswa akan diperkenalkan budaya Indonesia yang salah satunya adalah tarian tradisional. Eka Sri Lestari selaku pengajar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari di Ubaya sekaligus pengajar tari bagi mahasiswa-mahasiswa asing ini menjelaskan, “Setiap tahunnya kami selalu belajar tarian yang berbeda. Tahun lalu kami belajar tari Bang-bang Wetan, dan kali ini kami belajar tari Koko.”

Tari Koko merupakan tarian kreasi asal Jawa Timur berdurasi 7 menit yang memiliki makna persembahan manusia kepada bumi. “Tarian ini mengajak kita untuk mempersembahkan yang terbaik pada bumi, misalnya dengan cara memanfaatkan hasil bumi dengan sebaik-baiknya, maupun tidak merusak lingkungan dan kekayaan alam kita,” ujar Eka.

Program belajar tarian tradisional yang sudah berjalan satu bulan ini diakui Eka sebagai proses yang unik. “Mereka sebelumnya belum pernah belajar menari tradisional, jadi ya masih kaku dan harus terus dilatih agar bisa luwes,” imbuhnya. Meski demikian, para mahasiswa asing ini begitu antusias dalam mempelajari tarian ini. Mereka juga tak segan bertanya pada Eka mengenai budaya-budaya di Indonesia selain tarian.

“Melalui program belajar budaya ini, para mahasiswa asing akan mengetahui dan mengalami sendiri menari tarian tradisional. Mereka akan merasakan secara langsung dan tak hanya tahu dari buku, internet, maupun kata orang,” jelas Adi Teja Kusuma, B.Bus M.Com. selaku Manajer Kerjasama Kelembagaan Luar Negeri Ubaya.

Kedepannya, Ubaya berharap para mahasiswa asing ini tidak hanya belajar menari namun juga bisa mempersembahkan tarian ini dalam acara-acara Ubaya mendatang. Dengan demikian, ada kesan yang mendalam dari mahasiswa Darmasiswa ketika kembali kenegaranya masing masing tentang budaya Indonesia yang dipelajarinya.

Daftar Nama Mahasiswa Darmasiswa di Ubaya:

mahasiswa ubaya dari asing