29/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Solusi XL M2M Turunkan Beban Operasional Pelanggan Korporat

XL_ListrikPintarPrabayarSurabaya, KabarGress.Com – PT XL Axiata Tbk (XL) operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonsia menyediakan inovasi layanan berupa Layanan Meter Listrik Dua Arah untuk pelanggan korporat, yaitu Sistem Pintar Meter Listrik Prabayar (SIMPLY). Sejak diluncurkan pada Juli 2014, layanan ini telah banyak memberikan manfaat diantaranya membantu meringankan beban biaya operasional atau penghematan penggunaan listrik yang dikeluarkan pelanggan hingga mencapai sebesar 21% .

GM M2M Technology XL – Arifa Febriyanti mengatakan, “Dari hasil evaluasi pasar dan umpan balik pelanggan, layanan ini terbukti telah banyak membantu meringankan beban biaya operasional dan dapat meminimalisir penggunaan listrik yang berlebihan di sisi pelanggan. Karena itu, kami terdorong untuk terus mengenalkan layanan istimewa ini ke kalangan usaha yang lebih luas dengan antara lain mengikuti ajang Pameran Kelistrikan Indonesia 2014.”

Arifa menambahkan, saat ini SIMPLY telah digunakan oleh pelanggan korporasi yang bergerak di berbagai bidang industri, seperti penyedia perangkat teknologi, dan agensi periklanan. Ke depannya, XL dan PLN berencana untuk mengimplementasikan SIMPLY di 500 titik pada akhir Oktober 2014 ini mencakup industri perbankan dan pelayanan public infrastructure.

Kesiapan teknis untuk mendukung pertumbuhan permintaan SIMPLY telah dilakukan, di mana XL akan menyediakan end to end solution dari distribusi penjualan perangkat, hingga pelayanan pelanggan. Langkah ini merupakan salah satu bentuk komitmen XL M2M dalam memberikan service beyond connectivity yang tetap berorientasi pada kebutuhan pelanggan dalam memberikan pengalaman menggunakan layanan M2M dengan mudah.

SIMPLY ini merupakan solusi inovatif hasil sinergi XL dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero dan PT Sistem Mikro Elektronik Cerdas Co-Design (SMC). Melalui layanan ini, para pelanggan korporat PLN akan lebih mudah dalam melakukan pengisian ulang token listrik. Dalam rangka kontinuitas edukasi pasar mengenai layanan ini, XL turut berperan serta dalam Pameran Kelistrikan Indonesia 2014 yang diselenggarakan pada 1 – 3 Oktober 2014 di Jakarta Convention Center, Jakarta. XL adalah satu-satunya operator seluler yang mengikuti kegiatan ini.

Bisnis M2M XL telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hingga September 2014, jumlah koneksi M2M XL meningkat pesat menjadi lebih dari 525.000 koneksi. Angka ini merupakan kombinasi jumlah pelanggan aktif terdaftar dan pelanggan yang berkomitmen menggunakan XL. (ro)

Teks foto: (Ki-ka) Sugeng Rihadi – CEO PT Arindo Pratama, Jarman  Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian ESDM, Burhanuddin Razak – Direktur Utama PT SMC, Suprapto Staf Ahli Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian ESDM, Agus Tribusono – Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan , Arifa Febriyanti – GM XL M2M Technology mengunjungi booth XL dalam acara Pameran Kelistrikan 2014 di Jakarta (1/10).