19/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Lautan Luas Terus Sediakan Produk dan Layanan Berkualitas Tinggi

PT Lautan Luas tbk 1Surabaya, KabarGress.Com – Sebagai perusahaan bahan kimia dasar dan khusus yang terkemuka di Indonesia, PT LAUTAN LUAS Tbk (“Perseroan” atau “Lautan Luas”) telah melayani para pelanggannya selama lebih dari enam puluh tahun dengan menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi. Perseroan didirikan pada 13 Juli 1951 sebagai Persekutuan Andil Maskapai Dagang dan Industri “Lim Teck Lee” (Indonesia), atau NV Lim Teck Lee (Indonesia) Coy. Ltd.

Perseroan mengawali usahanya sebagai importir dan distributor bahan kimia dasar untuk industri batik dan makanan di Indonesia. Pada 1965, Perseroan merubah namanya menjadi PT Lautan Luas.

Lautan Luas mendirikan pabrik asam sulfat swasta pertama di Indonesia pada tahun 1969, menandai komitmen Perseroan di bidang manufaktur. Kemudian pada tahun 1970-an, Perseroan menangkap peluang yang muncul sejalan dengan perkembangan sektor industri yang pesat di tanah air pada saat itu serta memperluas kemampuan usaha distribusi dan manufakturnya dengan fokus pada bahan kimia khusus.

Pergeseran strategis ke basis produk yang lebih luas ini menstabilkan margin laba sekaligus mengurangi paparan terhadap volatilitas pasar, serta mendorong Perseroan untuk tumbuh lebih pesat. Ditambah dengan perkembangan pasar modal Indonesia yang dinamis, hal ini memungkinkan Lautan Luas untuk memperkuat struktur permodalannya, sehingga Perseroan dapat mengibarkan diri menjadi pemain dominan di bidang usaha distribusi dan manufaktur bahan kimia dasar dan khusus, baik di pasar domestik maupun regional.

Dikatakan Direktur Komersial, Soewandhi Soekamto, saat ini Lautan Luas mewakili lebih dari 100 prinsipal internasional, mendistribusikan lebih dari 1.000 produk kimia, dan melayani lebih dari 2.000 pelanggan dari sektor industri di seluruh Indonesia dan kawasan Asia Pasifik.

“Untuk mengawasi jaringan distribusinya yang luas, Lautan Luas, yang berkantor pusat di Jakarta, mengoperasikan lima kantor cabang dan tujuh kantor perwakilan yang tersebar di berbagai kota besar di seluruh nusantara. Sebuah kantor regional ditempatkan di Singapura guna memantau kegiatan Perseroan di Cina, Thailand, dan Vietnam,” terangnya di sela-sela Investor Summit, Kamis (21/8/2014).

Lautan Luas saat ini mengoperasikan enam belas fasilitas manufaktur di Indonesia, dua di Cina, dan sebuah fasilitas manufaktur bahan kimia untuk pengolahan air di Vietnam. Usaha pendukung & jasa Lautan Luas terbagi atas empat perusahaan yang menawarkan jasa di bidang laboratorium, rantai pasok, teknologi informasi dan solusi pengolahan air.

Untuk memperkuat usaha distribusi, manufaktur, dan pendukung & jasa yang terpadu, Lautan Luas menjalin kerja sama strategis dengan berbagai perusahaan manufaktur kimia terkemuka di dunia yang memiliki produk, teknologi, dan kompetensi tinggi di bidang penelitian dan pengembangan. Untuk melestarikan nilai-nilai intrinsik yang telah kami bangun selama lebih dari enam puluh tahun, manajemen Perseroan secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik dalam interaksinya dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal.

Demi merencanakan masa depan, manajemen terus melakukan upaya berkelanjutan agar dapat meningkatkan kompetensi profesional para karyawan Perseroan melalui program-program pengembangan sumber daya manusia yang intensif. Tanpa melupakan masa lalu atau ekspektasi pelanggan setia, kami tidak akan berpangku tangan dan merasa puas atas semua pencapaian. Kami terus mengembangkan strategi untuk beradaptasi terhadap kebutuhan Indonesia, pelanggan kami, dan masyarakat di masa depan demi mempertahankan tradisi melakukan yang terbaik di seluruh aktivitas kami.

Pendapatan dan penjualan Lautan Luas dari tahun ke tahun selalu meningkat sekitar 16% sampai dengan 20% per tahun.

Berdasarkan Keputusan Direksi Diluar Rapat Direksi No.001/DIR-LTL/Div.Int/VIII/2014 tertanggal 13 Agustus 2014 yang telah mendapatkan persetujuan Dewan Komisaris berdasarkan Keputusan Sirkuler Dewan Komisaris No. 001/KOM-LTL/Div.Int/VIII/2014 tertanggal efektif 11 Agustus 2014, Perseroan bermaksud untuk membagikan Dividen Interim secara tunai untuk tahun buku 2014 periode bulan Januari sampai dengan Juni 2014 sebesar Rp.29,- (Dua Puluh Sembilan Rupiah) per lembar saham kepada para pemegang saham Perseroan. (ro)

Teks foto: kiri ke kanan; Direktur Manufaktur, Jasa & Pendukung, Danny S. Adenan – Direktur Operasional, Herman Santoso – Direktur Komersial, Soewandhi Soekamto – Head of Corporate Communications, Ridwan Adipoetra.