29/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Trade Expo Indonesia 2014

Jakarta, KabarGress.Com – Kementerian Perdagangan RI kembali menggelar pameran dagang internasional terbesar di Indonesia, yaitu Trade Expo Indonesia (TEI) ke-29 pada tanggal 8-12 Oktober 2014 di Jakarta International Expo (JIExpo) dengan tema “Towards Green Business”.  Tema tersebut bertujuan untuk  mempromosikan potensi maupun eksistensi keanekaragaman produk dan jasa Indonesia sebagai produk yang berkualitas dan berwawasan lingkungan sehingga pada akhirnya mampu menopang perekonomian melalui peningkatan nilai ekspor nonmigas.

TEI 2014 akan menempati area seluas 40.000 m2 dan diikuti sekitar 2.000 peserta pameran dengan target pengunjung sebanyak 10.000 orang. Produk-produk yang dipamerkan terdiri dari komoditas ekspor utama, komoditas ekspor prospektif, dan produk ekspor lainnya. Selain produk utama dan prospektif, akan ditampilkan pula produk dari bidang jasa dan tenaga kerja terlatih, seperti jasa konstruksi, jasa profesi, dan hospitality. Produk-produk tersebut menekankan pada kesinambungan perusahaan dalam menjalankan bisnis hijau, yaitu produk yang dibuat dengan memperhatikan aspek-aspek lingkungan dan sosial sehingga produk yang dihasilkan tidak sekadar memenuhi standar fungsi dan estetika. Faktor penting lain yang menjadi pertimbangan adalah aspek fair trade. Aspek ini antara lain dilihat dari sisi keadilan bagi semua pihak berkepentingan dan kemampuan pengusaha Indonesia dalam memenuhi standar internasional fair trade.

Berdasarkan zonasi produk, TEI 2014 juga akan menampilkan Pride of Indonesia Pavilion dan ASEAN Pavilion. Pride of Indonesia Pavilion memamerkan produk kebanggaan Indonesia yaitu merek lokal yang sudah diterima pasar global, diantaranya industri strategis, hi-tech, manufaktur, produk berbasis sumber daya alam, pemenang Primaniyarta 2014, produk industri kreatif, dan UKM unggulan. Sedangkan ASEAN Pavilion berupa stan informasi dari perwakilan negara-negara ASEAN dalam rangka menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

Penghargaan bagi eksportir dan buyers: Primaniyarta dan Primaduta Award 2014

Primaniyarta Award merupakan penghargaan tahunan dari Kementerian Perdagangan RI bagi 5 (lima) eksportir Indonesia terbaik yang dinilai mampu meningkatkan, mengembangkan dan memberikan nilai tambah terhadap aktivitas ekspor yang dilakukan baik berupa diversifikasi produk dan pasar tujuan ekspor.

Sedangkan penghargaan Primaduta Award 2014 diberikan kepada buyers yang telah mendapatkan verifikasi dari Perwakilan RI di luar negeri/Atdag/ITPC/KDEI Taipei, dimana buyers tersebut selama 3 (tiga) tahun terakhir secara konsisten telah melakukan importasi produk indonesia yang semakin meningkat baik nilai, volume dan keberagaman produk.

Kedua penghargaan ini akan diberikan oleh Presiden RI kepada para pemenang pada acara pembukaan TEI 2014.

Rangkaian kegiatan TEI 2014

Sebagai rangkaian kegiatan TEI 2014, akan diselenggarakan seminar tentang perdagangan dan investasi, kerjasama Kementerian Perdagangan dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Seminar ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para eksportir, buyers, dan investor dalam memanfaatkan peluang perdagangan internasional dan investasi di Indonesia.

Selain seminar, TEI 2014 juga mengagendakan acara dialog interaktif, yang menghadirkan pembicara antara lain para importir sukses atau Trade Promotion Offices (TPO) berbagai negara seperti Belanda, Jepang, Swiss, Dubai, dll, serta US Custom broker dan profesional atau praktisi di bidangnya. Dialog interaktif ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang produk-produk potensial dan akses pasar luar negeri, serta isu yang terkait dalam perdagangan Internasional termasuk komoditi potensial.

Kegiatan lain pada pameran ini adalah business counseling, kegiatan konsultasi yang difasilitasi oleh para Atase Perdagangan,  Kepala Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC), dan Kepala KDEI Taipei kepada para eksportir dalam rangka memberikan informasi tentang akses serta penetrasi ke pasar luar negeri.

Untuk mempertemukan eksibitor dengan para pembeli luar negeri, selama pameran berlangsung akan diadakan kegiatan business matching, melalui kegiatan ini diharapkan para eksibitor dapat melakukan kontak dan kontrak dagang serta memperluas jaringan pemasaran ke mancanegara.

Selain keempat rangkaian kegiatan di atas, panitia TEI 2014 juga mengadakan lomba jurnalistik bagi para jurnalis yang telah memberitakan tentang berbagai komoditas ekspor dan peran strategis TEI 2014 dalam mendukung perekonomian nasional. Bagi para mahasiswa, akan diadakan juga lomba esai tentang entrepreneurship yang berwawasan lingkungan, yang bertujuan meningkatkan semangat dan minat mahasiswa untuk menjadi wirausaha tangguh di masa yang akan datang. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: http://www.tradexpoindonesia.com/. (ro)