20/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Transformasi Jaringan XL Kecepatan Akses Internet Naik 150%

Sr Layanan GM Assurance & Operation XL - Keri Oetarto (kiri) Dan VP Layanan Kemitraan Manajemen XL - I Gede Darmayusa (kanari) kecepatan Hasil menunjukkan uji jaringan XL di daerah adalah Tebet, Jakarta (14/7).
Sr Layanan GM Assurance & Operation XL – Keri Oetarto (kiri) Dan VP Layanan Kemitraan Manajemen XL – I Gede Darmayusa (kanari) kecepatan Hasil menunjukkan uji jaringan XL di daerah adalah Tebet, Jakarta (14/7).

Jakarta, KabarGress.Com – PT XL Axiata Tbk (XL), perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia, tak pernah berhenti melakukan terobosan demi mewujudkan kualitas jaringan yang kuat dengan didukung produk-produk yang menawarkan paket hemat untuk pelanggan. Salah satunya adalah implementasi program “Transformasi Jaringan” yang dimulai akhir tahun 2013. Hasil dari proyek ini antara lain berupa peningkatan kecepatan rata-rata akses internet hingga 150 % dari sebelum ada proyek khusus ini.

VP Service Partnership Management XL – I Gede Darmayusa mengatakan, “Sebagai pilot project, kami telah mengimplementasikan Transformasi Jaringan ini di Jakarta, Bogor, Surabaya, dan Malang. Untuk sementara masih di area terbatas di setiap kota. Pada tahap selanjutnya tentu akan kami perluas, termasuk ke kota-kota lainnya yang penggunaan layanan datanya cukup tinggi. Dimulai di pertengahan 2014 ini, proyek yang sama telah diimplementasikan di Bandung dan Bali.”

Gede menambahkan, di daerah Tebet, Jakarta Selatan, salah satu area pilot project, kualitas jaringan telah berhasil ditingkatkan secara signifikan. Dia menyebut, kecepatan rata-arat akses internet mampu mencapai minimum 1.2 Mbps di sejumlah lokasi. Kualitas jaringan yang bagus ini tidak hanya bisa dirasakan pelanggan saat berada di dalam gedung, namun juga di area terbuka, termasuk di dalam rumah, pasar, atau pun jalan umum. XL berharap, kecepatan akses internet ini bisa terus ditingkatkan hingga mencapai 5 Mbps.

Selain mampu meningkatkan kecepatan akses internet, proyek ini juga mampu peningkatan kualitas layanan voice dan kecepatan pengiriman SMS. Evaluasi dan pemantauan secara menyeluruh terus dilakukan di keempat kota tersebut di atas. Untuk mendukung proyek ini, XL telah melakukan pendekatan baru untuk desain jaringan di RAN, transmisi dan core, serta mengimplementasikan teknologi terbaru. XL bekerja sama dengan dua perusahaan yang memiliki keahlian di bidang jaringan telekomunikasi seluler, yaitu PT Ericsson Indonesia dan PT Huawei Tech Investment.

Program Transformasi Jaringan merupakan program yang dilakukan sebagai inisiatif untuk meningkatkan kualitas jaringan PT XL Axiata, Tbk yang diharapkan dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dalam menggunakan layanan/produk XL. Program ini dijalankan dengan meningkatan kualitas jaringan melalui modernisasi, desain menyeluruh, implementasi yang tepat waktu, akselarasi alih teknologi 2G menuju 3G dan optimasi, serta memadukannya dengan aspek bisnis seperti merancang strategi pemasaran, prioritasi penjualan dan strategi distribusi yang tepat untuk meraih pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Dengan melayani sekitar 68,5 juta pelanggan, saat ini jaringan XL di seluruh Indonesia diperkuat dengan lebih dari 45.600 ribu BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) juga jaringan backbone fiber optic yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi. (ro)