29/03/2024

Jadikan yang Terdepan

Sudah Saatnya Indonesia Berdaulat di Bidang Pangan

Ketua Relawan Jokowi Jatim, Bambang DH, mengingatkan bangsa Indonesia sudah saatnya berdaulat di bidang pangan dan tidak perlu impor lagi.
Ketua Relawan Jokowi Jatim, Bambang DH, mengingatkan bangsa Indonesia sudah saatnya berdaulat di bidang pangan dan tidak perlu impor lagi.

Surabaya, KabarGress.Com – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan era Kabinet Gotong Royong, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS, menyatakan sudah saatnya Indonesia berdaulat di bidang pangan karena potensi Indonesia sangat besar dan memiliki sumber daya pangan melimpah. “Sudah saatnya Indonesia tidak lagi melakukan banyak impor bahan pangan,” demikian tegas Rokhmin saat menjadi pemateri dalam seminar bertajuk “Kedaulatan Pangan Pemerintahan Jokowi-JK”, berlangsung di Empire Palace Surabaya, Jumat (6/6/2014).

Menurutnya, banyaknya aktivitas impor bahan pangan di Indonesia, membuat sebagian pihak merasa prihatin dengan kondisi tersebut. “Dalam beberapa tahun ini Indonesia melakukan impor makanan secara besar-besaran. Mulai dari bahan pangan berbasis pertanian, hingga bahan makanan yang berbasis pada kelautan,” terangnya.

Para relawan Jokowi Jawa Timur siap mendukung Jokowi menjadi Presiden RI.
Para relawan Jokowi Jawa Timur siap mendukung Jokowi menjadi Presiden RI.

“Ini kondisi yang patut disayangkan mengingat negeri kita sebenarnya memiliki sumber daya bahan makanan yang sangat melimpah mulai dari beras, buah, hingga lauk pauk semuanya ada,” tandasnya.

Jika kondisi terus demikian, nasib para petanilah yang akan kian terpuruk. “Oleh karena itu diperlukan peran serta pemerintah yang peduli terhadap warga masyarakat terutama masyarakat kelas bawah,” ujarnya.

Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS, saat diwawancarai awak media SurabayaSementara itu, Ketua Relawan Jokowi Jatim, Bambang DH, mengatakan selama ini rakyat Indonesia selalu menjadi korban akibat kebijakan yang tidak pro rakyat seperti itu. “Tidak adanya kedaulatan pangan di Indonesia disebabkan banyaknya para pemimpin di Indonesia yang hanya memikirkan dirinya sendiri. Mereka itu yang penting perutnya sendiri yang kenyang, dan rakyatnya yang harus kelaparan,” sesalnya.

Karena itulah sudah saatnya rakyat berani membuat keputusan tepat dengan mengangkat pemimpin yang bisa membawa rakyat berdaulat, khususnya dalam hal pangan. (ro)